Apakah Influencer Juga Butuh Website? Kita Bahas Bersama Yuk

Apakah Influencer Juga Butuh Website? Kita Bahas Bersama Yuk

Apakah Influencer Juga Butuh Website Kita Bahas Bersama Yuk

Manfaat Website untuk Para Influencer


Proses beli domain yang sudah semakin mudah memberi kesempatan bagi siapa saja untuk memiliki sebuah website. Bahkan sangat cocok sekali untuk para influencer. Namun pertanyaannya, apakah website merupakan hal penting untuk para influencer?

Jika website diperlukan untuk para influencer, seberapa besarkah manfaatnya untuk mereka? Selain itu, bagaimana sih cara membuat sebuah website yang cocok untuk influencer? Bagi yang penasaran ingin tahu jawabannya, simak artikel ini hingga selesai.

Sekilas Tentang Profesi Influencer


Untuk mengetahui seberapa besar peranan website untuk para influencer, alangkah baiknya kita bahas dulu sekilas tentang profesi tersebut.

Seorang influencer memiliki keahlian untuk memengaruhi orang lain. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki kapasitas berupa posisi, pengetahuan, maupun memiliki hubungan dekat dengan para audiens.

Di dalam ranah pemasaran atau marketing, mereka sangat membantu sekali bagi para pelaku usaha. Karena seorang influencer bisa memengaruhi keputusan membeli para audiens yang tertarget.

Jumlah follower dan sejauh mana mereka bisa memengaruhi audiens menjadi tolok ukur kualitas merekas. Semakin banyak pengikutnya dan semakin baik mereka memengaruhi audiens, tentu akan semakin dibutuhkan di dalam dunia bisnis.

Apakah Seorang Influencer Memerlukan Website?


Cara beli domain dan hosting yang sudah semakin mudah akan membantu para influencer untuk memiliki website. Namun apakah mereka benar-benar membutuhkannya?

Selama ini media sosial sudah dianggap cukup oleh para influencer untuk berkarya dan menjaring follower. Sebagian orang menganggap bahwa website tidak diperlukan lagi karena media sosial saja sudah dirasa cukup.

Jika Anda seorang influencer, alangkah baiknya Anda membuat sebuah website. Kenapa demikian? Karena media sosial tidak menjamin kelangsungan konten yang Anda miliki.

Kita ambil salah satu contoh kasus seorang influencer bernama Lutfi Agizal. Influencer yang satu ini sempat heboh karena melaporkan kasus pengucapan kata “anjay” ke polisi.

Lutfi pun kemudian mendapatkan kecaman sehingga nerizen beramai-ramai melaporkan akun Instagram-nya. Alhasil akun Instagram Lutfi pun berhasil diblokir dan hilang. Selain Lutfi, beberapa influencer lain juga sempat mengalami hal serupa.

Selain di Instagram, kasus hilangnya akun media sosial juga terjadi di beberapa media sosial lainnya. Mulai dari TikTok, Twitter, hingga Facebook. Alasannya pun cukup beragam.
Berkaca dari kasus Lutfi, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa website terbilang penting untuk para influencer. Website bisa digunakan untuk backup konten para influencer. Contohnya konten-konten di media sosial, baik tulisan, video, dan foto semua bisa Anda masukkan ke dalam website.

Dengan begitu, ketika media sosial influencer tersebut hilang, maka backup konten yang pernah dibuat tidak ikut hilang. Pasalnya semua konten tersebut sudah di-backup pada website.

Manfaat Website Untuk Para Influencer

Selain berfungsi sebagai backup, website juga punya manfaat lain untuk para influencer. Apa saja manfaatnya? Berikut sudah kami rangkum semua untuk Anda.

1. Aman dari Ancaman Para Haters


Influencer sudah masuk ke dalam ranah bisnis yang perlu mendapatkan sistem keamanan ekstra terhadap kontennya. Seorang influencer yang ingin bermain aman dalam menjalankan bisnisnya, maka sebaiknya membuat website pribadi.

Media sosial rentan terhadap pemblokiran akun hingga mengakibatkannya hilang. Maka dari itulah dibutuhkan sebuah platform khusus yang tahan terhadap hal tersebut.

Dengan adanya website, maka seorang influencer akan memiliki otoritas yang lebih baik untuk membagikan ide dan kreativitasnya.

2. Meningkatkan Ekslusivitas di Mata Penggemar


Hingga saat ini, perusahaan, lembaga, maupun perorangan yang memiliki website selalu dianggap kredibel dan profesional. Itu artinya, dengan memilikinya maka ekslusivitas Anda akan meningkat di mata penggemar.

Website juga bisa Anda gunakan sebagai wadah untuk para penggemar. Selain itu, website juga bisa menjaga ikatan para influencer dengan penggemar setianya.

Ketika akun media sosialnya hilang, maka website bisa menjadi media untuk mempertahankan hubungan dengan para penggemar.

Saat ini beberapa influencer ternama juga sudah memiliki website pribadi. Sebut saja beberapa di antaranya seperti Ahmad Dhani, Ramengvrl, Deddy Corbuzier, dan masih banyak lainnya.

3. Lebih Stabil Dibandingkan Media Sosial


Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, influencer juga termasuk salah satu bidang bisnis. Perlu Anda ketahui, website menawarkan kestabilan bagi bisnis Anda dibandingkan dengan media sosial.

Contoh kasus ketidakstabilan media sosial yaitu dari segi kepopuleran. Ketika Tik Tok mulai ramai maka Instagram sudah mulai banyak ditinggalkan. Pasalnya mereka mengikuti tren Tik Tok agar mampu menjaring lebih banyak pengikut.

Sedangkan website dari dulu hingga saat ini menawarkan kestabilan yang bersifat tetap. Website bisa Anda jadikan sebagai pondasi ketika tren media sosial yang terkadang susah ditebak.

Jenis Website yang Cocok untuk Influencer


Dari penjelasan di atas, sedikitnya kita sepakat terkait influencer yang juga memerlukan sebuah website. Bahkan dalam kasus-kasus tertentu, mereka berkewajiban untuk memiliki sebuah website.

Namun, website seperti apakah yang cocok untuk para influencer? Dan bagaimana kriterianya? Berikut ulasannya.

1. Konsep Blog


Blog merupakan salah satu konsep terbaik sebagai website pribadi untuk para influencer. Blog ini sangat cocok sekali untuk para influencer yang suka menulis.

Selain itu, konsep ini juga cocok untuk menampilkan gambar atau screenshot media sosial Anda.

Selain tulisan, Anda juga bisa mengunggah video pendek yang ada pada media sosial yang kemudian Anda unggah di blog. Dengan begitu, konsep ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda dengan biaya yang terbilang murah.

2. Full Website


Yang kami maksud dengan full website yaitu, website yang punya halaman statis dan juga blog pada halaman terpisah. Contohnya seperti website yang dimiliki oleh Ahmad Dhani yang punya konsep serupa.

Buatlah halaman utama sebagai halaman statis untuk kepentingan bisnis. Di halaman utama ini biasanya bisa Anda lengkapi dengan copywriting, desain, dan hal menarik lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Untuk halaman blog, Anda buat pada menu halaman lain. Konsep semacam ini akan membuat tampilan website menjadi lebih profesional. Terlebih saat ini cara beli domain dan hosting semakin mudah untuk mewujudkan web seperti ini.

3. Memiliki Fitur Disk Space Unlimited


Seorang influencer dengan jumlah pengikut yang banyak, sebaiknya memiliki layanan hosting yang baik. Pastikan juga Anda memilih layanan dengan disk space unlimited atau besar.

Tujuan memilih disk space yang besar yaitu untuk mengatasi server down ketika diakses oleh banyak pengunjung. Pastikan website memiliki layanan hosting dengan spesifikasi bagus untuk minimal pengunjung harian sekitar puluhan ribu traffic.

Saat ini ada banyak penawaran layanan beli domain dan hosting yang menawarkan harga kompetitif untuk spesifikasi tersebut.

Kesimpulan


Seorang influencer harus memiliki website untuk menjamin kontennya tidak hilang dari dunia maya. Selain sebagai media untuk backup konten, juga bagus untuk meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas bisnis.

Saat ini telah hadir layanan yang menawarkan beli domain dan hosting yang menyediakan proses pembuatan website secara mudah. Dengan begitu, para influencer kini bisa langsung memilikinya dengan biaya yang kompetitif.
Load comments