Biodata dan profil Riko Simanjuntak

Biodata dan profil Riko Simanjuntak

Inilah pemain sepakbola berposisi serba bisa dengan teknik dan kecepatan tinggi yang dimiliki oleh Indonesia, Riko Simanjuntak. Di Liga 1, ia kerap mendapatkan perhatian karena kepiawaiannya mengolah sikulit bundar di lapangan hijau bersama Semen Padang. Ucok, begitu ia disapa merupakan pesepakbola dengan determinasi tinggi. Tak jarang, walaupun ia diposisikan sebagai Bek oleh Nil Maizar, Riko menjadi sosok menakutkan bagi lawan. Aksi tusukan mautnya di jantung pertahanan membuat para pemain belakang lawan kewalahan untuk mengantisipasi pergerakan lincah si Ucok ini. Ia juga masuk dalam pemain yang paling banyak dapat perhatian media dan khalayak pecinta sepakbola sejak digulirkannya Liga 1.

Biodata dan profil Riko Simanjuntak

Memulai karir senior sepakbola bersama klub PSMS Medan pada tahun 2012 s/d 2013, Riko tercatat tampil sebanyak 9 kali dan menyumbangkan 3 gol untuk klub berjuluk Ayam Kinantan tersebut. Pada tahun 2014, Riko Simanjuntak hengkang ke klub PS Bangka. Disini ia tercatat tampil sebanyak 18 kali dengan sumbangan 7 gol. Lalu pada tahun 2015 Gresik United tertarik mendapatkan jasa pemain bertubuh mungil ini. Disini ia diberi kesempatan bermain 3 kali dengan torehan 1 gol.

Pada 3 klub senior awal ini Riko Simanjuntak didaulat sebagai penyerang yang siap menyumbangkan pundi-pundi gol untuk klub yang dibelanya. Lalu di klub senior berikutnya yaitu Semen Padang yang mulai dibelanya pada tahun 2016 Riko Simanjuntak beberapa kali berganti posisi dibawah asuhan pelatih Nil Maizar. Tampaknya kepekaan Nil dalam memperhatikan Riko dan merotasi posisi sang pemain berjalan baik. Terbukti, sejauh ini Riko Simanjuntak jadi senjata mematikan klub Kabau Sirah tersebut dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Berikut biodata Riko Simanjuntak


  • Nama lengkap : Riko Simanjuntak
  • Tempat dan tanggal lahir : Pematang Siantar, 26 januari 1992
  • Tinggi : 160 m
  • Posisi : Penyerang, Bek
  • Nomor punggung : 20
  • Warga negara : Indonesia
  • Twitter Riko Simanjuntak
  • Instagram Riko Simanjuntak

Selama 2 tahun terakhir (2016 s/d 2017) membela klub kebanggaan warga Sumatra Barat tersebut banyak sudah kesan menarik dan sejumlah capaian yang telah Riko Simanjuntak raih. Gol pertamanya terjadi saat klub yang menaungi Stadion Gelora Hj Agus Salim ini bersua dengan Persib Bandung dalam ISC 2016. Dan di Liga 1, Riko Simanjuntak berhasil menorehkan gol perdananya saat Semen Padang melawan Persipura.

Sebelum mulai bergabung bersama Semen Padang, faktanya sejumlah klub profesional lain di tanah air berminat untuk mendapatkan tanda tangan Riko Simanjuntak. Salah satunya adalah Surabaya United. Bahkan di klub ini ia sempat berlatih. Tapi, karena alasan ingin lebih dekat dengan kampung halaman, pada tahun 2016 Riko Simanjuntak memilih Semen Padang sebagai pelabuhan berikutnya. Dan disini, ia bercita-cita membawa klub meraih sejumlah prestasi. Salah satunya juara Liga 1 dan berhasil menembus ke dalam skuad timnas.
Load comments