Biodata dan profil Mohamed Salah

Biodata dan profil Mohamed Salah

Tidak ada yang "salah". Hanya sebuah nama pesepakbola populer yang datang dari tanah Afrika dan terkenal di Eropa bersama klub-klub terbaik seperti Basel, Chelsea, Fiorentina, AS Roma, dan yang terakhir di tahun 2017 Liverpool, Mohamed Salah.

Biodata dan profil Mohamed Salah

Karir Junior Mohamed Salah bersama El Mokawloon


Pada tahun 2002 seorang bocah kecil dari salah negeri di Afrika tepatnya Mesir berusaha membangun sebuah mimpi menjadi pesepakbola terbaik di bumi ini. Hal itupun ia wujudkan dengan memulai sebuah perjuangan belajar mengelola si kulit bundar bersama klub junior El Mokawloon.


Biodata Mohamed Salah


  • Nama lengkap : Mohamed Salah Ghaly
  • Tempat dan tanggal lahir : Basion, El Gharbia, 15 juni 1992
  • Tinggi : 175 m
  • Posisi : Gelandang
  • Nomor punggung : 11
  • Warga negara : Mesir

8 tahun dilalui oleh anak yang datang dari salah satu kota di negara Mesir ini tepatnya Basion untuk menimbah ilmu bersama El Mokawloon sampai pada akhirnya ia diproyeksikan ke skuad senior di klub yang sama pada akhir tahun 2010. Selama kurun waktu 2 musim Salah dipercaya tampil sebanyak 41 kali di awal karir seniornya. Kepercayaan yang diberikan tak lantas membuat ia mengabaikannya begitu saja, 11 gol yang ia sarangkan ke gawang lawan cukup membuktikan kualitas seorang Mohamed Salah.

Sayang, sebuah musibah terjadi di Mesir tepatnya bencana yang terjadi di Stadion Port Said membuat kompetisi sepakbola di negeri ini terhenti. Asosiasi sepakbola Mesir mengungumkan hal ini secara resmi pada 10 maret 2012. Tentu saja hal ini membuat talenta seperti Mohamed Salah harus terhenti karena tidak adanya sebuah pertandingan yang akan dijalankan.

Mohamed Salah Mendapatkan Pinangan Basel


Akhirnya salah satu klub di Eropa tertarik mendapatkan jasa Salah dan berniat mendatangkannya untuk bermain di Basel, klub sepakbola profesional Swiss. Pada tanggal 10 april 2012 Salah secara resmi menandatangai kontrak yang berdurasi 4 tahun bersama Basel.

Sepanjang karir seniornya di Basel, Mohamed Salah dipercaya tampil sebanyak 47 kali dan berhasil memberikan sumbangan 9 gol. Salah satu gol berkesan Salah untuk Basel di pentas Eropa kala klub ini berhasil menumbangkan klub raksasa sepakbola Inggris Tottenham Hotspur 4-1 melalui adu penalti setelah sebelumnya menghasilkan agregat imbang 4-4. Sayang, di partai semifinal Basel harus tumbang di tangan klub Inggris lain Chelsea.

Chelsea secara Mengejutkan Memboyong Salah!


Setelah pertemuan Basel dan Chelsea di Stamford Bridge, tampaknya manajemen Chelsea tertarik dengan pemain yang satu ini dan berniat mendapatkan jasanya. Mungkin saja katertarikan ini terjadi karena Salah mampu melesakan sebuah gol di Stamford Bridge kala pertemuan di semifinal, entahlah. Yang pasti, hal ini langsung direalisasikan pihak klub dengan mendapatkan tanda tangan Mohamed Salah pada 23 januari 2014 dengan biaya transfer £11 juta.

Mohamed Salah menjadi orang Mesir pertama yang bermain untuk Chelsea dalam sejarah sepakbola klub asal Inggris tersebut. Catatan penampilan Salah bersama Chelsea tidak banyak, hanya 13 kali dan ia berhasil menyumbangkan 2 gol.

Peminjaman Mohamed Salah ke Fiorentina


Setelah minimnya menit bermain dan kecilnya kesempatan untuk Mohamed Salah menembus skuad utama Chelsea, akhirnya sang pemain dipinjamkan ke klub asal Itali, Fiorentina untuk menambah jam terbang Salah nantinya.

2 musim bersama Fiorentina Mohamed Salah diberikan waktu menit bermain yang cukup banyak di tengah usianya yang terbilang masih cukup muda dan minim pengalaman di liga elit Eropa. Tercatat pemain ini tampil sebanyak 34 kali dengan sumbangan 14 gol. Hal ini membuat Fiorentina masih bercongkol di Seria A salah satu kompetisi sepakbola di negara tersebut dan menjadi klub yang menakutkan.

Kepindahan Mohamed Salah ke AS Roma yang Kontroversi


Kegemilangan Mo Salah begitu ia kerap dipanggil bersama Fiorentina membuat klub elit lainnya negeri Pizza tersebut tertarik mendatangkannya, AS Roma. Perjalanan klub ibu kota tersebut untuk mendaratkan Salah ke Stadion Olimpiade Roma tidak berjalan dengan mulus. Kabarnya pihak manajemen Fiorentina merasa kecewa dengan klub pemilik sah Salah, Chelsea. Dalam klasual peminjaman Salah ke Fiorentina klub ini mendapatkan hak untuk memperpanjang masa pinjam. Tapi sebelum hal itu terjadi manajemen Chelsea telah menjual Salah ke AS Roma dan ditambah atas keinginan sang pemain untuk meninggalkan La Viola.

Bersama AS Roma, Mohamed Salah bermain sangat impresif. Ia berhasil mengantarkan klub ibu kota tersebut berada di urutan 2 Liga Seri A setelah kalah selisih poin dengan Juventus untuk perebutan liga bergengsi di Itali tersebut. Total 31 penampilan ia lakoni bersama AS Roma dan berhasil menyumbangkan 15 gol. Atas kecemerlangan ini Liverpool F.C telah mendaratkan Salah ke Anfield untuk awal musim 2017/2018 dengan biaya transfer yang cukup fantastis, £35 juta.
Load comments