Sutopo Purwo Nugroho Kepala Humas BNPB

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Humas BNPB

DR. Sutopo Purwo Nugroho, M.Si, APU. Merupakan seorang pejabat publik yang berdedikasi tinggi dan dikenal banyak media dan masyarakat luas. Lahir di Boyolali pada 7 Oktober 1969. Masa kecilnya hidup sederhana. Ayahnya berprofesi Guru SD dan Ibunya sebagai karyawan di Kantor Pengadilan Negeri Boyolali.

Sutopo Purwo Nugroho Kepala Humas BNPB

Menyelesaikan pendidikan SD hingga SMA di Boyolali, kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Geografi UGM. Selanjutnya menamatkan pendidikan S2 dan S3 di IPB Bogor. Sejak kecil rajin belajar demi membahagiakan orangtuanya. Lulus S1 dengan predikat cum laude dan tercepat. Menjadi mahasiswa teladan di Fakultas Geografi UGM dan meraih penghargaan dalam Lomba Karya Inovatif dan Produktif Tingkat Nasional selama dua tahun berturut-turut. Keinginan menjadi Dosen di Fakultas Geografi UGM gagal karena tidak diterima. Sejak tahun 1995 bekerja sebagai peneliti di UPT Hujan Buatan BPPT dan Teknologi Mitigasi Bencana BPPT. Pada tahun 2010, dipekerjakan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga sekarang.

Kerja keras dan ketekunannya mengantarkan karier di jenjang kepangkatan PNS sangat cepat. Pangkat dan Golongan sebagai Pembina Utama/ IVe diraihnya di usia 42 tahun. Setiap 2 tahun sekali pangkat dan golongannya naik karena prestasi yang diraih. Saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selain itu juga sebagai Dosen di Pascasarjana UI, IPB dan Universitas Pertahanan. Selain itu juga sering mengajar di Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI.

Bekerja di BNPB sejak tahun 2010 hingga sekarang. Sebelumnya adalah Peneliti Utama bidang Hidrologi dan Konservasi Tanah di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Sejak kecil bercita-cita menjadi Guru karena dilatarbelakangi orangtuanya yang berprofesi sebagai Guru SD di Boyolali. Banyak prestasi dan penghargaan yang diraihnya. Banyak sekali publikasi yang dihasilkan, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Load comments