Monday, January 8, 2018

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Sebenarnya sudah lama saya ingin mengupdate postingan di blog Arlina Design ini, namun dikarenakan ada kesibukan offline dan juga mengurus blog lain jadi blog ini seakan terabaikan dan tidak terurus dengan sebagaimana mestinya. Oke sebelum memberikan Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain di sini saya akan menjelaskan sedikit apa itu HTTPS dan kelebihan dari HTTPS.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Apa itu HTTPS?


HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol yang menggunakan HTTP pada koneksi terenkripsi dengan keamanan transport-layer dan HTTPS merupakan versi aman dari HTTP. HTTPS digunakan untuk melindungi data yang ditransmisikan dari penguping. Ini adalah protokol standar untuk melakukan transaksi keuangan di web, dan dapat melindungi pengguna sebuah website dari sensor oleh pemerintah atau ISP.

Kelebihan Menggunakan HTTPS


Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Sudah tentu tujuan menggunakan HTTPS di blog yaitu untuk mengoptimalkan blog pada mesin pencari, atau bisa dikenal juga dengan SEO (search engine optimization) sebaiknya segala sesuatu yang dinilai baik dimata pengunjung juga mesin pencari harus kita lakukan. Selain berfungsi sebagai keamanan bagi pengunjung, HTTPS berpengaruh terhadap faktor penilaian mesin pencari seperti Google, Bing, dll. Pada platform WordPress fitur HTTPS ini sudah lama digunakan dan jika sobat menggunakan WordPress dan ingin situsnya menjadi lebih baik sobat bisa pelajari Cara Optimasi WordPress di sini.

Bagaimana Cara Memasang HTTPS di Blog yang Menggunakan Custom Domain?


Bisa dikatakan ini adalah fitur yang baru saya temui di Blogger, selain bisa digunakan di blog dengan sub domain blogspot fitur HTTPS juga bisa digunakan di blog yang menggunakan custom domain seperti blog ini.

Baiklah kita mulai, pertama-tama untuk memunculkan menu HTTPS di Setelan blog silakan sobat ketik atau copas draft.blogger.com ke tab pencarian.

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Setelah itu klik menu Setelan > Dasar > HTTPS, kemudian klik pilihan Ya pada menu Ketersediaan HTTPS

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Setelah diaktifkan, tunggu beberapa saat sampai menu pada Pengalihan HTTPS terbuka. Klik tombol refresh di browser atau klik F5 pada keyboard, jika sudah terbuka silakan pilih Ya pada menu Pengalihan HTTPS

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Jika sudah selesai, sekarang yang harus dilakukan adalah mengganti semua url awalan HTTP: ke HTTPS: pada template sobat

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Akan lebih menghemat waktu jika diganti dengan aplikasi Adobe Dreamweaver atau aplikasi sejenis seperti ini

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Selesai! Kini fitur HTTPS yang diberikan secara gratis telah terpasang di custom domain blog sobat.

Submit Domain di Search Console Google


Setelah melakukan langkah di atas sebaiknya submit kembali blog yang sudah diaktifkan HTTPS di Search Console Google https://www.google.com/webmasters/tools/ seperti sobat menambahkan blog baru. Dan juga hapus properti dari blog sebelumnya (sebelum menambahkan HTTPS).

Bagaimana dengan blog yang sudah terpasang Google Adsense, apakah akan berpengaruh? Seperti yang saya alami di blog ini setelah menggunakan HTTPS baik itu visitor dan pendapatan dari Adsense menjadi turun drastis, namun jangan khawatir karena itu hanya berlangsung selama beberapa hari saja dan selanjutnya akan pulih kembali seperti semula dan itu hanyalah efek sementara setelah mengganti HTTP ke HTTPS.

Mengatasi Iklan Adsense yang Terkadang Tidak Muncul


Untuk mengatasi masalah ini, silakan hapus semua kode JS Adsense yang ditambahkan di widget seperti ini

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

Kemudian tambahkan kode ini sebelum </body> di dalam template

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
//]]>
</script>

Simpan template.

Oke, demikian postingan dari Arlina Design tentang Cara Mengaktifkan HTTPS di Blog dengan Custom Domain. Mohon maaf jika ada kekurangan, terima kasih sudah berkunjung. Wassalam.