Wednesday, July 5, 2017

Perbedaan Antara Hosting dan Domain

Untuk sobat Arlina Design yang baru mengenal dunia online dan punya website atau situs web pribadi, mungkin ada yang belum mengetahui perbedaan antara hosting dan domain tapi tidak ada salahnya saya memaparkan apa sih perbedaan tersebut supaya rekan-rekan jadi lebih paham, ya hitung-hitung fresh memory. Hosting dan domain adalah objek yang sangat berbeda, tapi akan jadi satu kesatuan dalam sebuah website kita.

Perbedaan Antara Hosting dan Domain

Bila sobat memiliki pengunjung website, mereka akan menggunakan nama domain sobat untuk melihat website tersebut. Terlihat sederhana, ada proses yang terjadi saat pengunjung mengetik nama domain sobat dan menekan enter.

Ketika seorang pengunjung situs mengetik nama domain sobat ke dalam browser, domain ini kemudian diterjemahkan ke dalam alamat IP server sobat, maka server akan mengirimkan file ke pengguna situs sobat, yang diwakili oleh masing-masing browser mereka.

Nama Domain


Domain adalah sebuah nama url website dengan ketentuan yang telah diatur oleh badan regulasi domain dunia. Nama domain ini sebagai pengganti dari alamat IP Address, sehingga pada saat sobat mengetikan url nama domain di browser, maka yang sobat akses adalah server IP Address yang dituju. Biasanya nama domain memiliki akhiran atau ekstensi tertentu yang punya arti dan peruntukan yang berbeda. Berikut arti ekstensi atau akhiran nama domain dan peruntukkannya:

  • Ekstensi .com - Ekstensi nama domain yang banyak digunakan blogger, digunakan untuk kepentingan komersial seperti website perusahaan, toko online, atau untuk kepentingan blog pribadi dan bisnis online agar lebih familiar dan mudah diingat.
  • Ekstensi .net - Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan network atau jaringan dan infrastruktur.
  • Ekstensi .info - Ekstensi nama domain .info merupakan nama domain yang sering dipakai untuk keperluan informasi, dan sejenisnya.
  • Ekstensi .org - Ekstensi nama domain yang lebih mengarah untuk kepentingan organisasi dan sejenisnya.
  • Ekstensi .biz - Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan bisnis dan sejenisnya.
  • Ekstensi .edu - Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan education atau pendidikan, ekstensi ini hanya dimiliki lembaga-lembaga pendidikan di Amerika Serikat saja.
  • Ekstensi .gov - Ekstensi nama domain yang digunakan untuk kepentingan goverment atau pemerintah, sama seperti ekstensi .edu, ekstensi ini hanya dimiliki oleh lembaga-lembaga pemerintah Amerika Serikat saja.
  • Ekstensi .tv - Ekstensi nama domain yang digunakan untuk website yang bergerak di bidang entertainment seperti televisi, majalah dan sejenisnya.

Disaat sobat beli domain, pada dasarnya sobat hanya menyewa nama saja alias kontrak, dengan url nama domain saja sobat tidak dapat menyimpan data web atau aplikasi web lainnya sehingga saat membeli domain tanpa hosting, domain di akses tidak akan menampilkan apapun, kecuali sobat menggunakan hosting gratis seperti Blogspot atau Blogger, Wordpress, Tumblr dan lain-lain.

Hosting


Hosting adalah sebuah tempat penyimpanan data atau file data. Hosting berbentuk fisik biasanya disebut dengan nama server. Sebuah server itu hampir sama dengan PC komputer biasa yang memiliki Harddisk, RAM, Processor, dan lainnya. Namun Server hosting yang dimaksud disini adalah yang di simpan sebuah data center yang dilengkapi dengan listrik, AC, UPS dan lainnya. Server hosting terhubung dalam suatu jaringan internet dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat di akses oleh pengguna dari seluruh dunia.

Hosting untuk website, biasanya di sebut dengan Web Hosting. Server web hosting di lengkapi dengan System Operasi dan software yang mampu menjalankan aplikasi website dan mampu beroperasi secara terus menerus walaupun ada kalanya pernah down juga Sob.

Kesimpulan


Kesimpulannya, Hosting merupakan tempat menyimpanan data file/script, sedangkan nama domain adalah nama atau alamat saja. Jadi jika di ibaratkan Hosting adalah rumah, sedang domain adalah alamat menuju rumah kita.

Jadi supaya website sobat dapat di akses, maka kita harus membeli hosting dan nama domain nya. Keduanya berdiri sendiri dan dapat di beli terpisah, misalnya sobat membeli atau menggunakan hosting di A Hosting, sedangkan membeli domain dapat di tempat lain atau sebaliknya. Atau sobat dapat beli keduanya sekaligus, baik domain dan hosting di A Hosting tersebut.