Tinggal di Apartemen, Why Not

12/12/2016
hosting murah
Pertumbuhan penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya memang sering kali tidak dapat dihindarkan. Sebagai kota metropolitan dengan pertumbuhan ekonomi yang dinamis, membuat kota ini menjadi tujuan banyak orang untuk bekerja. Itulah mengapa bisnis properti seperti pembangunan apartemen menjadi laris manis.

Tinggal di Apartemen, Why Not

Apartemen, barangkali yang terlintas dalam benak banyak orang saat mendengar kata apartemen adalah sebuah hunian mewah dan elite yang dihuni oleh kalangan pebisnis, eksekutif muda, kalangan selebriti, dan kalangan berduit lainnya. Padahal, anggapan tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Karena kita yang berasal dari golongan menengah atau bawah pun bisa menjadi penghuni apartemen. Tidak percaya?

Apartemen sendiri merupakan bangunan bertingkat lebih dari satu yang di dalamnya merupakan kumpulan dari beberapa unit hunian. Setiap unit hunian memiliki ruang seperti dalam rumah yang lengkap, yaitu terdiri dari kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Ada 3 macam apartemen berdasarkan golongan ekonomi penghuninya, yaitu apartemen golongan bawah, apartemen golongan menengah, dan apartemen mewah. Yang membedakan dari ketiga jenis apartemen tersebut adalah ukuran ruang pada tiap unit, serta fasilitas yang disediakan oleh apartemen tersebut. Tentu, ukuran ruang yang besar, dan fasilitas yang lebih lengkap harus berbanding lurus dengan harga yang harus dibayar.

Jadi, apartemen tidak melulu identik dengan hunian mewah nan elite. Kita yang berkantong pas-pasan pun bisa tinggal di apartemen. Karena secara sederhana istilah apartemen merujuk pada rumah susun yang disewakan, sedangkan rumah susun yang dimiliki disebut kondominium. Namun, masyarakat lebih populer menyebut apartemen sebagai rumah susun yang dimiliki.

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih apartemen sebagai tempat hunian Anda, alangkah baiknya jika Anda terlebih dulu mengetahui tentang sistem kepemilikan atas satuan apartemen atau rumah susun. Karena pada sebuah bangunan gedung apartemen yang menempati suatu tanah, ada banyak bangunan di dalamnya. Itu artinya, ada banyak pula yang memiliki hak atas apartemen atau rumah susun di gedung tersebut.

Hak kepemilikan atas apartemen dikenal dengan istilah Strata title. Istilah ini dikenal dalam hukum di Indonesia. Kepemilikan atas rumah susun telah diatur dalam UU No. 20 Tahun 2011 Tentang Rumah Susun. Disebutkan dalam pasal 46 ayat 1, bahwa kepemilikan rumah susun atau apartemen bersifat perseorangan yang terpisah dengan hak bersama atas:

  • Bagian bersama, yaitu bagian apartemen atau rumah susun yang dipakai bersama dalam kesatuan fungsi dengan satuan-satuan apartemen atau rumah susun. Seperti atap, talang air, tangga, lift, jaringan listrik, saluran air, dan sebagainya.
  • Benda bersama, yaitu benda yang bukan bagian apartemen atau rumah susun tetapi dimiliki dan digunakan bersama. Seperti taman, musala, tempat parkir, dan sebagainya.
  • Tanah bersama, yaitu tanah hak atau sewa yang di atasnya digunakan untuk gedung apartemen atau rumah susun.
  • Bukti bahwa seseorang memiliki rumah susun atau apartemen tersebut adalah sertifikat hak milik atas satuan rumah susun (SHMSRS). Sertifikat ini mewakili hak perseorangan atas unit satuan apartemen yang dimilikinya serta hak kepemilikan bersama atas bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama. Sertifikat ini terdiri atas:
  • Salinan buku tanah dan surat ukur atas hak tanah bersama
  • Gambar denah yang menunjukkan satuan apartemen yang dimiliki

Daftar keterangan mengenai besarnya bagian hak atas bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Nah, setelah mengerti tentang sistem kepemilikan atas apartemen, Anda tak perlu ragu lagi untuk memilih apartemen sebagai tempat hunian Anda. Apalagi jika Anda bekerja atau ingin tinggal di kota besar seperti Jakarta. Ada beberapa alasan mengapa memilih tinggal di apartemen bisa menjadi pilihan Anda.

Alasan pertama tentu karena alasan praktis, efektif, dan efisien. Kebanyakan dari kita tentu mencari tempat hunian yang dekat dengan tempat kerja. Karena seperti yang kita ketahui bersama, hidup di kota bisnis dan industri tentulah harus menganut paham time is money. Tidak ada yang rela waktunya tergerus oleh asap kendaraan di jalanan. Apalagi kota-kota besar selalu identik dengan kemacetan. Apartemen bisa menjadi alternatif pilihan karena pada umumnya hunian yang satu ini memang sengaja dibangun dekat dengan pusat-pusat perkantoran.

Alasan selanjutnya berkaitan dengan masalah pelayanan dan fasilitas. Fasilitas apartemen yang hampir seluruhnya menyerupai rumah lengkap tentu menjadi nilai tambah tersendiri dibandingkan jika kita harus memilih rumah kos, rumah kontrak atau yang lainnya. Apartemen atau rumah susun juga tersedia dengan berbagai tipe hunian. Jadi, Anda juga bisa menentukan sendiri tempat hunian seperti apa yang Anda butuhkan.

Sudah yakin untuk memilih apartemen? Anda bisa memilih apartemen-apartemen yang kini telah tersebar di seluruh titik di kota Jakarta. Apartemen Jakarta Selatan juga bisa menjadi pilihan Anda, mengingat daerah ini juga merupakan titik tersibuk di ibu kota.

Artikel ini adalah artikel review. Segala bentuk dampak yang ditimbulkan oleh materi artikel di atas, adalah tanggung jawab penuh pihak rumahdijual.com, terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments

Eh yang dibahas apah ini
Ayo bangkit :D

Balas

Iya, baru sempat update ini. Kata basa sunda mah masih lulungu

Balas

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.