Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Widget di Mobile Device

12/15/2016
hosting murah
Seperti yang kita tahu sesuai dengan perkembangan zaman kini perangkat mobile sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang sebagai alat komunikasi yang memberikan banyak manfaat bagi kita semua.

Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Widget di Mobile Device

Masih berhubungan dengan hal ini, setelah Algoritma Google Mobile Friendly diperbarui pada tanggal 21 April 2015 lalu. Banyak webmaster membuat situs yang Mobile Friendly dan juga responsive agar dapat diakses lebih cepat dan nyaman melalui perangkat mobile. Tentunya hal ini merupakan langkah positif dan sebagai pondasi awal dalam membangun sebuah website, untuk langkah selanjutnya tinggal bagaimana kita mengelola situs tersebut.

Oke, tips blogger kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menyembunyikan atau menampilkan sebuah widget di blog pada perangkat mobile. Trik ini memang bisa sobat lakukan dengan menambahkan tag CSS display:none pada widget tertentu yang ingin disembunyikan pada perangkat mobile dengan resolusi tertentu, namun ada yang lebih baik dan lebih praktis lagi yaitu dengan cara yang akan saya berikan di bawah ini

Trik ini hanya berlaku pada perangkat smartphone saja dan tidak akan berpengaruh terhadap perangkat tablet, iPad, dan lainnya.

Menyembunyikan Widget di Mobile Device


Pertama, silakan buka template editor di blog sobat. Kemudian tentukan widget apa yang akan disembunyikan dari perangkat mobile, contohnya di sini saya akan menyembunyikan widget HTML1 di dalam template dengan penulisan tag kondisional seperti ini

<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == "false"'>
<b:widget id='HTML1' locked='false' title='' type='HTML' version='1' visible='true'>
-----
</b:widget>
</b:if>

Menampilkan Widget di Mobile Device


Dan jika sobat ingin menampilkan widget hanya di perangkat mobile saja sobat bisa mengganti nilai false pada kode di atas menjadi true

<b:if cond='data:blog.isMobileRequest == "true"'>
<b:widget id='HTML1' locked='false' title='' type='HTML' version='1' visible='true'>
-----
</b:widget>
</b:if>

Selanjutnya simpan template dan lihat hasilnya.

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan. Sekian dari saya tentang Cara Menyembunyikan atau Menampilkan Widget di Mobile Device. Semoga bermanfaat bagi sobat semua, terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 comments

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.