Wednesday, April 20, 2016

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog mungkin sudah banyak yang tahu. Banyak para master blog yang sudah mengangkat topik ini. Namun sekali lagi saya mencoba mengupasnya untuk Anda dengan versi yang sedikit berbeda.

Trik ini sengaja saya bagikan untuk Anda yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung atau tamu untuk blognya. Khususnya buat blogger pemula yang belum menguasai jurus-jurus ampuh ilmu SEO, termasuk saya sendiri.

Kesalahan utama seorang blogger adalah menargetkan artikel yang ditulisnya hanya fokus kepada Google. Seolah-olah halaman pertama Google adalah pelabuhan terakhir artikelnya.

Dengan menunggu sambil melamun. Tangan yang tak henti mengarahkan mouse ke tombol refresh statistik blog dan berharap agar google berbaik hati menghadiahkan pengunjung pada blog mereka. Seandainya stigma ini telah mendarah daging di pikiran kita, saya sarankan segera ubah haluan pemikiran Anda.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Pengunjung atau visitor merupakan belahan jiwa dari sebuah blog atau website. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendongkrak jumlah pengunjung pada blog kita. Bisa dengan metode yang alami atau memakai software yang mampu menghadirkan 2000 pengunjung perhari. Jujur, saya lebih suka yang alami, karena lebih sportif dan sehat. Dan jika Anda ingin tahu, disitulah letak seni dalam dunia blogging.

Buat judul postingan yang menarik, memikat dan menggoda untuk memancing pembaca.

Trik Menarik Pengunjung Blog

Cara menarik pengunjung blog ini sangat mudah dan sederhana, namun saya tidak menjanjikan angka pengunjung yang fantastis, karena penerapan metode ini memberikan hasil yang berbeda-beda tergantung bagaimana kita mengeksekusi nya. Mari kita simak bersama.

1. Buat akun di media sosial


Kenapa saya tempatkan poin ini di perangkat pertama? Alasan nya sederhana, hampir ¾ penduduk dunia beraktivitas lewat media sosial. Ini akan menjadi sarana promosi yang luar biasa untuk sebuah website atau blog.

Selain untuk menambah popularitas blog kita, media sosial ternyata dipercaya mampu mempengaruhi rangking di mesin pencarian Google. Untuk itu, silahkan Anda buat akun minimal 5 dari media sosial yang berbeda, bisa twitter, facebook atau Google Plus terserah anda.

2. Buat akun di sosial bookmark


Setelah selesai membuat blog, daftarkan blog Anda ke beberapa sosial bookmark. Jika blog kita berbahasa Indonesia, saya sarankan untuk membuat akun dan menyertakan blog kita ke sosial bookmark lokal saja, seperti Lintas Me, DoFollow, Populerkan.com, atau Indofeed. Kemudian submit setiap artikel yang kita buat secara rutin.

3. Join ke grup di media sosial


Cari di media sosial minimal 10 grup yang sejalan dengan blog kita, jangan lupa untuk bergabung dengan mereka. Setelah bergabung jangan terburu buru untuk mempromosikan blog. Berikan banyak like dan aktif berkomentar ke setiap update dari anggota grup tersebut.

Kalau perlu kunjungi website mereka, dan berikan komentar yang bersahabat. Hal ini juga bisa Anda lakukan di sosial bookmark yang telah kita ikuti.

Penting : Usahakan bergabung dengan grup yang memiliki banyak anggota, dan ikuti aturan yang ada.

4. Jalin teman sebanyak mungkin


Usahakan menjaring teman dari anggota grup. Semakin banyak teman yang kita kumpulkan akan memberikan prospek yang baik untuk blog kita. Ingatlah, mereka adalah calon pengunjung yang potensial. Jika kalian menganggap konten adalah raja, merekalah calon ratu nya.

5. Saatnya berpromosi


Setelah poin di atas Anda lalui, kini waktunya kita ‘berdagang’ konten blog kita lewat media sosial. Pertama update maksimal 3 artikel yang paling menarik dan berkualitas dari blog kita pada semua kolom status grup yang kita ikuti. Jangan lupa, buat kalimat promosi yang singkat dan menarik. Selanjutnya sambut pengunjung yang datang, dan beri apresiasi yang positif.

6. Perbanyak update Artikel


Ini merupakan kunci pamungkas dari step-step di atas. Perbanyak stok artikel bermutu di blog kita. Artikel atau tulisan bisa kita umpamakan sebagai peluru atau amunisi untuk membidik sasaran atau target yang ingin kita capai.

Semakin banyak artikel yang kita punya, makin besar peluang kita untuk mendapatkan pengunjung yang kita inginkan. Agar tidak di anggap berlebihan, promosikan artikel kita secara bertahap, 3 artikel setiap jam untuk seluruh grup di media sosial, saya rasa cukup.

Jika kita memang fokus menggeluti dunia blogging, cara ini bisa di lakukan setiap hari. Hasilnya bisa Anda lihat sendiri pada statistik blog masing-masing.

Melalui promosi yang rutin, pelan tapi pasti pengunjung blog akan datang ke blog kita jika mereka tertarik dengan judul artikel yang kita promosikan. Pilih artikel blog yang masih memiliki trafik rendah. Promosikan terus menerus. Hasilnya bisa Anda rasakan sendiri.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog adalah dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan fungsi dari media sosial.

Berikut keuntungan yang bisa kita peroleh dari cara ini di bandingkan jika kita harus bersaing dengan para master hanya untuk merebut kan satu halaman google demi mendapat pengunjung blog.

  • Media sosial menjadi sarana untuk menjemput bola, sedangkan mesin penelusuran lebih mirip tempat untuk menunggu bola.
  • Melalui media sosial, kita bebas menentukan artikel yang ingin kita promosikan, tanpa pusing memikirkan teknik SEO yang berlebihan.
  • Up date artikel di media sosial bisa kita lakukan berulang kali tanpa khawatir di anggap spam.
  • Blog lebih berpotensi mendapatkan visitor, karena tingkat persaingan di media sosial tidak memerlukan seleksi yang ketat.
  • Pembaca lebih mudah mengenal kita, yang akan meningkatkan popularitas blog, tentunya jika kita sering update artikel di sosmed.
  • Untuk memperat pertemanan, usahakan kita memfollow sebuah blog, dan jangan lupa untuk meminta follow balik.

Sebagai tambahan, aktif lah di forum-forum dengan banyak memberikan solusi yang bermanfaat. Karena bisa meningkatkan image kita. Saat orang tertarik dengan solusi yang kita berikan, bisa di pastikan mereka akan mencari info tentang siapa dan apa nama blog Anda.

Jika banyak konten menarik pada blog kita yang memancing perhatian mereka, persiapkan diri Anda untuk menyambut mereka sebagai pengunjung setia blog anda.

Sekian pembahasan dari saya tentang Cara Meningkatkan Pengunjung Blog. Semoga bisa bermanfaat.