Thursday, August 20, 2015

Cara Mengganti Tag Heading H1, H2, dan H3 Menjadi SEO Friendly

Cara Mengganti Tag Heading H1, H2, dan H3 Menjadi SEO Friendly - Setiap template memiliki struktur yang berbeda-beda sesuai dengan pembuat template itu sendiri. Ada yang hanya menampilkan keindahan, ada juga yang mengikuti Optimasi SEO Friendly.

Memperbaiki struktur tag heading akan membuat blog menjadi lebih SEO friendly dan mempermudah bot search engine untuk mengindex judul serta isi artikel yang telah kita publikasikan.


Sebelum memulai perbaikan pada tag heading di template blog Anda, ada baiknya Anda memahami pengertian tag heading H1, H2, dan H3 terlebih dahulu. Berikut adalah pengertian tag heading H1, H2, dan H3.

<h1> Title atau Judul Blog </h1>
<h2> Judul Artikel atau Post </h2>
<h3> Judul Widget Blogger </h3>

Cara Mengganti Tag Heading H1, H2, dan H3 Menjadi SEO Friendly

Cara Mengganti Tag Heading H1, H2, dan H3 Menjadi SEO Friendly


Setelah mengetahui dan memahami pengertian tag heading H1, H2, dan H3 pada template blog Anda, saatnya Anda mulai mempelajari cara mengubah dan memperbaiki tag heading H1, H2, dan H3 Anda menjadi lebih SEO friendly.

1. Login ke Blogger > Template ► Edit HTML > Cari kode <b:if cond='data:post.title'> jika sudah ketemu ganti saja <h3> menjadi <h2>. Kode tersebut mungkin lebih dari 1, tergantung dari template masing-masing. Jadi diganti saja semua.

<b:if cond='data:post.title'>
<h3> Diganti Menjadi <h2>
<b:if cond='data:post.link'>

...........................

...........................

</h3> Diganti Menjadi </h2>
</b:if>

Masih dengan tag heading untuk judul artikel, carilah kode berikut lalu gantil h3 menjadi h2. Terkadang di beberapa template kodenya akan ada kalimat tambahan itemprop='name' dan memakai h1 tag, tetap lakukan hal yang sama dengan menggantinya jadi h2.

<h3 class='post-title entry-title'>
<data:post.title/>
</h3>
<h3 class='mobile-index-title entry-title'>
<data:post.title/>
</h3>

Sekarang rubah tag heading untuk widget, Anda cari kode berikut lalu ganti H2 jadi H3. Tidak masalah jika Anda tidak ingin merubahnya, tapi agar lebih SEO friendly diganti saja. Jika jumlahnya lebih dari satu diganti semua.

<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'>
<data:title/>
</h2>
</b:if>

2. Simpan template Anda setelah selesai mengikuti tutorial diatas.

Usahakan untuk melakukan backup template sebelum Anda melakukan perubahan pada tag heading blog Anda. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kesalahan saat Anda merubah tag heading pada template Anda.

Semoga Bermanfaat