Revolusi Digital Internet Cepat

6/10/2015
hosting murah
Revolusi Digital Internet Cepat - Kecepatan internet terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Teknologi yang digunakan untuk mempercepat koneksi internet juga mengalami peningkatan. Belum semua daerah di dunia mencoba kecepatan internet 4G, telah muncul koneksi internet terbaru yaitu 5G.

Revolusi Digital Internet Cepat

Koneksi internet 5G ini di klaim mempunyai kecepatan 50 kali lebih cepat dibandingkan dengan koneksi internet 4G. Kabarnya koneksi internet 4G ini akan dicoba di lapangan pada tahun depan yaitu 2016. Koneksi internet 5G ini dikembangkan oleh Verizon, ia optimis bahwa pada tahun 2020 koneksi internet 5G akan banyak digunakan oleh perusahaan atau instansi yang membutuhkan mobilitas yang tinggi.

Koneksi internet 5G ini dikabarkan mempunyai kecepatan yang sangat tinggi bahkan dianggap bisa mendownload file sebesar 5G hanya dalam waktu 15 detik. Hal ini sungguh sangat menakjubkan jika dibandingkan dengan kecepatan internet di Indonesia saat ini. Usaha Verizon untuk mengembangkan jaringan internet 5G ini disambut baik oleh Korea Selatan dan Jepang. Bahkan Korea Selatan dianggap akan menjadi negara pertama yang dapat mencoba jaringan internet 5G ini. Pada tahun 2018, bertepatan dengan olimpiade musim dingin di Korea Selatan, Verizon akan melakukan uji coba untuk penggunaan koneksi 5G. Tidak mau kalah dengan Korea Selatan, Jepang juga menargetkan Verizon untuk memasalkan penggunaan koneksi 5G di Jepang pada tahun 2020. Untuk di Indonesia sendiri masih belum pasti kapan Verizon akan mengembangkan koneksi 5G di Indonesia. Pasalnya, koneksi 4G LTE belum menyeluruh tersebar di Indonesia. Perkiraannya Verizon akan mengembangkan koneksi internet 5G di seluruh dunia pada tahun 2025.

Internet Cepat di Seluruh Indonesia


Pemerintah Indonesia tentu tidak akan tinggal diam melihat kemajuan beberapa negara dalam jaringan internet yang digunakan. Pemerintah Indonesia menargetkan pada tahun 2018 terjadi pemerataan kecepatan internet di seluruh penjuru Indonesia. Beberapa daerah di perkotaan besar sudah ikut merasakan internet yang cukup stabil dengan koneksi internet yang cukup cepat. Dalam melakukan pemerataan jaringan internet di Indonesia ini maka pemerintah Indonesia menerapkan proyek yang disebut dengan Palapa Ring II. Proyek ini menargetkan internet cepat dengan menggunakan kaber fiber optik di bawah laut.

Sebagian orang mungkin tidak asing lagi dengan Palapa Ring II ini karena proyek ini telah dibuat oleh pemerintah sejak 10 tahun yang lalu. Rencanya proyek ini akan terealisasikan pada tahun 2018 mendatang. Beberapa perusahaan penyedia layanan internet juga ikut bertarung untuk memenangkan tender dari proyek ini. Proyek ini merupakan proyek dengan budget yang besar yang telah digarap serius oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan internet yang stabil dengan koneksi yang cepat akan meningkatkan mobilitas dan produktivitas masyarakat di Indonesia. Untuk proyek ini, pemerintah membaginya menjadi dua tender. Tender pertama untuk membangun Indonesia di bagian barat sedangkan tender kedua untuk membangun koneksi internet pada Indonesia bagian Timur.

Perkembangan Internet


 Perkembangan internet di Indonesia tidak boleh dianggap remeh karena jumlah pengguna internet di Indonesia semakin hari bertambah banyak. Pengguna internet tidak lagi memandang usia karena banyak masyarakat di Indonesia yang sudah bisa memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan. Perkembangan internet di Indonesia semakin maju dengan adanya koneksi internet 4G LTE yang mulai meluas di Indonesia. Hal ini juga didukung dengan program pemerintah untuk memperluas kaber fiber optik melalui bawah laut. Pengguna internet di Indonesia sudah mencapai sebanyak 85%, tidak hanya berasal dari kaum pelajar namun juga pekerja bahkan ibu rumah tangga juga sudah banyak menggunakan internet.

Banyak orang yang memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan, ada yang menggunakan internet sebagai sumber informasi, untuk berjualan, berkomunikasi dan lain sebagainya. Para pekerja dan pelajar bisa menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi yang sangat sulit ditemukan melalui media selain internet. Banyak orang yang mulai beralih untuk membaca berita melalui internet daripada membaca melalui koran. Bahkan beberapa perusahaan koran juga telah menggunakan internet untuk digunakan sebagai tempat membaca berita secara online. Beberapa ibu rumah tangga juga telah menggunakan internet untuk digunakan sebagai sumber pendapatan pribadi. Internet juga bisa digunakan untuk berjualan secara online. Banyak media yang bisa digunakan di internet untuk berjualan online. Ini tentu menjadi manfaat dari perkembangan internet bagi banyak pihak.

Tips Mengatasi Internet Lambat


Seiring belum meratanya koneksi atau jaringan fiber optik di Indonesia maka banyak masyarakat yang mengeluhkan koneksi internet di Indonesia yang lambat. Anda bisa mengatasi koneksi internet yang lambat ini melalui tips berikut ini:

1. Jika anda ingin mempercepat koneksi internet maka anda bisa mengganti proxy pada internet anda dengan proxy luar negeri. Anda bisa mendekatkan proxy yang anda gunakan dengan server pusat. Anda bisa mengganti proxy anda dengan menggantinya melalui control panel pada internet option.

2. Selain mengganti proxy, anda juga bisa memilih operator yang berkualitas. Ada banyak sekali operator yang menawarkan internet dengan harga yang murah dengan kualitas jaringan yang beragam. Anda bisa membandingkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan internet dari operator tersebut. Anda harus selektif dalam memilih layanan internet sehingga bisa mendapatkan internet dengan kualitas yang terbaik.

3. Dalam memilih operator, anda juga harus memilih layanan internet yang mempunyai sinyal yang kuat di daerah anda. Hal ini dikarenakan kecepatan internet juga dipengaruhi oleh kekuatan sinyal yang ada di daerah tempat tinggal anda. Anda bisa memastikan kekuatan sinyal yang ada di daerah anda sebelum memilih layanan internet yang sesuai untuk anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.