Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

6/10/2015
Kali ini Arlina Design akan membahas sedikit tentang Pengertian SEO (Search Engine Optimization).

Dikalangan blogger (Blogosphere) khususnya webmaster tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Ya SEO bisa dikatakan adalah sebuah metode atau cara agar Search Engine atau mesin pencari mengindex suatu website di internet agar setiap proses pencarian dengan menggunakan keyword / kata kunci tertentu melalui search engine dapat ditampilkan pada halaman utama.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Ada juga yang menyatakan bahwa SEO adalah proses yang sangat khusus dalam membangun sebuah website yang sukses, alasannya adalah karena sebuah website komersil tidak akan dikatakan sukses jika tidak dapat ditemukan oleh search engine. Ini merupakan tugas serta tantangan bagi para webmaster untuk mengoptimalkan sebuah website dengan cara memperbaiki struktur pada tag HTML tertentu di halaman web.

Tentu saja bagaimana mungkin mendatangkan pengunjung, meningkatkan pengunjung dan mendapatkan ranking pada website jika halaman-halaman website kita tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari utama seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, Live Search, dll.

Memang benar bahwa para pengunjung baru bisa menemukan sebuah website dari hasil pencarian di Search Engine dan Search Directory dengan kata kunci tertentu, selebihnya mungkin dengan melakukan blogwalking dll. Disinilah tantangan menarik belajar SEO karena para pengunjung datang dengan kata kunci tertentu sehingga dapat menemukan situs yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan.

Jadi untuk promosi sebuah website, SEO adalah cara yang efektif untuk meningkatkan traffic yang nantinya akan memperbanyak pengunjung yang datang ke website kita.

Dari sedikit ulasan SEO di atas maka dapat disimpulkan tentang fungsi dan tujuan dari SEO, yaitu :
  • Menaikkan ranking sebuah website agar selalu terindex pada search engine, sehingga website kita dapat ditampilkan dihalaman utama
  • Mendatangkan banyak pengunjung atau pengunjung ke website kita melalui hasil pencarian di mesin pencari
  • Dan masih banyak lagi fungsi serta manfaat SEO yang tentunya baik untuk blog kita.

Itulah sedikit ulasan dari Saya tentang Pengertian SEO semoga bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang pentingnya teknik SEO untuk blog. Bagi yang ingin menambahkan info seputar SEO silakan isi di kolom komentar.

Terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.