Wednesday, May 27, 2015

Cara Membuat Loading Blog Lebih Cepat

Cara Membuat Loading Blog Lebih Cepat - Load time atau waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan blog salah satu yang mempengaruhi pengunjung atau traffik blog. Biasanya orang akan membuka tab secara bersamaa, bisa jadi salah satu tab yang dibuka itu adalah blog kita. Jika loading blog kita lelet maka kemungkinan besar tab browser blog kita ditutup.

Cara Membuat Loading Blog Lebih Cepat

Oleh sebab itu, penting untuk membuat blog kita lebi cepat. Belum lagi koneksi internet di Indonesia yang masih lemot, jangan sampai dibarengi juga blog yang kita yang berat sehinggal loadingnya lama. Ada beberapa tips sederhana yang akan berefek besar bagi kecepatan loading blog kita, berikut tipsnya.

  1. Optimalkan gambar/foto yang biasanya kita gunakan untuk gambar pelengkap postingan. Dengan menupload gambar dengan ukuran yang kecil dengan mengkompresnya bisa membuat blog lebih ringan.
  2. Pilih format gambar yang tepat. Lebih baik menggunakan gambar dengan format JPEG atau PNG. Format gambar ini cocok untuk disertakan dalam post blog. Sedangkan format GIF lebih cocok untuk banner dan logo.
  3. Kurangi Cascading Style Sheet (CSS) yang tidak dibutuhkan. Meski dapat membuat blog akan lebih terstruktur dan seragam tetapi jika terlalu banyak membuat loading blog lebih lama.
  4. Kurangi link yang ada laman blog. Link berupa HTTP disinyalir membutuhkan round trip ke server. Ini menyebabkan tambahan waktu beberapa detik untuk membuka blog kita.
  5. Gunakan tag Height dan Width pada kode html gambar. Tag ini akan membuat browser mengetahui ukuran gambar sebelum memuatnya. Hasilnya akan mempercepat tampilnya laman blog.