Pilih Blogger atau Wordpress

4/06/2015
Pilih Blogger atau Wordpress WordPress dan Blogger merupakan platform blog dengan pengguna terbanyak saat ini, banyak platform lain namun nyatanya tidak bisa menyingkirkan dua nama ini. Saking terkenalnya orang-orang hanya ingin membandingkan antara Wordpress dan Blogger dengan mengesampingkan platform lainnya. Terkadang orang-orang pun dibuat bingung untuk memilih Wordpress atau Blogger, untuk membantu menghilangkan kebingungan sobat akan hal ini, mari kita bahas kedua platform tersebut sehingga dapat menentukan mana yang lebih cocok untuk sobat gunakan.


WordPress

WordPress


WordPress, adalah sebuah CMS merupakan sebuah script atau boleh dibilang software (yang dapat didownload gratis di wordpress.org) kegunaannya untuk mempermudah pengelolaan konten, baik itu konten website maupun blog. Selain itu wordpress memiliki layanan pembuatan blog gratis di wordpress.com, berbeda dengan CMS dari wordpress.org yang harus memiliki hosting sendiri untuk menggunakannya, wordpress.com merupakan layanan pembuatan blog gratis tanpa harus memiliki hosting sendiri, namun dengan banyaknya keterbatasan seperti tidak boleh menggunakan javascript, tidak tersedia plugin, dll.


Blogger

Blogger


Blogger, merupakan layanan pembuatan blog gratis seperti wordpress.com. blogger sendiri berada dibawah naungan situs nomor satu saat ini yaitu Google, tidak heran jika akhirnya banyak orang menggunakan layanan blogger karena memang blogger dikelola oleh perusahaan besar. Selain itu kehandalan server tidak perlu diragukan lagi, blogger jarang sekali gangguan.


Berikut ini perbandingan antara wordpress dan blogger dari beberapa aspek.


Fitur

Jika kita bandingkan wordpress.org dan blogger tentu saja wordpress lebih unggul, dimana seseorang bisa lebih leluasa dalam mengelola sebuah blog. WordPress juga memiliki plugin, sebuah fitur tambahan untuk mempermudah pengaturan konten. Tidak sampai disitu dengan wordpress seseorang dapat membuat website dengan script yang kompleks. CMS wordpress sendiri sangat banyak digunakan oleh website-website besar.


Penggunaan

Dalam segi penggunaan sepertinya blogger lebih unggul, orang awam yang baru mengenal dunia blog beberapa hari pun pasti akan langsung bisa menggunakan blogger. Blogger sangat simple, dimana pengguna tidak perlu memikirkan hosting, cara memanage server, tidak perlu mengerti bahasa pemograman, dsb.


Biaya

Dari segi biaya, jika menggunakan wordpress.org tentu kita harus menyewa hosting dan domain, tidak seperti blogger yang sudah menyediakan hosting gratis dan subdomain gratis, di wordpress kita harus menyewa domain dan hosting sendiri. Memang ada wordpress.com yang menyediakan subdomain dan hosting sendiri, namun dalam hal fitur Saya rasa blogger lebih baik dibandingkan wordpress.com. Subdomain blogger dan wordpress.com juga dapat diganti, namun ini akan memakan biaya tambahan penyewaan domain. Misalnya namasobat.blogspot.com atau namasobat.wordpress.com dapat diganti dengan top level domain seperti www.namasobat.com, namasobat.net, dsb.


Keamanan

Selama sobat tidak memberikan kata sandi sobat ke orang lain, blog di blogger akan aman dari gangguan hacker / cracker. Berbeda dengan wordpress.org, wordpress.org sangat rawan oleh tindakan hacking / cracking banyak cara untuk membobol cpanel atau database blog di wordpress, namun dengan wordpress jika kita mengerti bahasa pemograman kita akan dapat meminimalisir segala tindakan tersebut. Tapi perlu diingat, “tidak ada blog atau situs di internet yang tidak mempunyai bug/celah” tidak terkecuali situs besar seperti google.


SEO

lebih sering mana wordpress atau blogspot yang muncul di mesin pencari (google, yahoo, bing, ask, dll)???

Tentu saja dalam hal seo semua kembali lagi ke sang pengelola situs, banyak orang beranggapan kalau blogger lebih seo friendly dengan search engine google, karena blogger produk dari google. Namun tidak sedikit pula orang menganggap wordpress lebih baik dalam hal seo karena adanya plugin-plugin seo packed, bahkan engginer google “matt cutts” menggunakan CMS wordpress untuk mengelola blognya. Menurut Saya baik blogger maupun wordpress keduanya sama saja dalam hal seo, semua tergantung siapa yang mengelolanya.


Kesimpulan

Jika sobat adalah seseorang dengan dana lebih dan mengingikan blog dengan banyak fitur, tentu saja wordpress akan menjadi pilihan yang terbaik.

Namun jika tidak ingin pusing dengan script, database, biaya dan menginginkan blog yang simple dan mudah digunakan, blogger.com bisa jadi pilihan terbaik.

Blogger bagus untuk pemula (belajar ngeblog).

Dengan segala kelebihannya, wordpress sangat cocok untuk sobat yang sudah expert.


Itulah sedikit ulasan tentang Pilih Blogger atau Wordpress, semoga dengan ulasan ini sobat sudah bisa menentukan mana yang sebaiknya sobat gunakan.


Terima kasih, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

3 comments

Terimakasih infonya..
Pgn pindah WordPress tp berat ninggalin blogspot.

Balas

Dua2nya aja biar adil :)

Balas

Pada sub bagian penggunaan blogger tidak memerlukan bhs pemograman sepertinya kurang tepat, soalnya butuh kemampuan dasar juga buat oprek template blog, tks

Balas

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.