Friday, April 17, 2015

Kekurangan Blogger untuk SEO dan Solusinya

Kekurangan Blogger untuk SEO dan Solusinya - Berbicara tentang kelemahan atau kekurangan blogger apakah seo friendly atau tidak, sebenarnya sudah banyak di bahas di forum-forum maupun di blog-blog sebelah. Tapi sedikit yang membahas bagaimana menutupi kelemahan-kelemahan tersebut agar blogspot menjadi SEO Friendly.

Kekurangan Blogger untuk SEO dan Solusinya

Pada postingan kali ini, saya akan membahas bagaimana menutupi kelemahan blogspot tersebut agar menjadi mesin blog yang powerful di SEO agar blog sobat kebanjiran ribuan pengunjung dari google. Dari mata seorang pemula, saya menjabarkan beberapa masalah fatal pada mesin blogger serta solusinya :

Blogspot/Blogger tidak memiliki "the real categories"

Pada dasarnya mesin blogspot tidak memiliki kategori yang sesungguhnya. Sebagian besar blogger memanfaat fitur "label" sebagai kategori mereka.

Setiap alamat url yang mengandung "/search" tidak akan di follow oleh robot google dan mengakibatkan alamat tersebut tidak di index oleh google. Alamat url label blogspot (contoh: http://www.arlinadzgn.com/search/label/SEO) juga mengandung "/search". Ini artinya label blogger tidak akan di index google dan sebuah link menuju label blogspot tidak akan dianggab sebagai backlink.

Solusi : Gunakan tag "nofollow" pada setiap link menuju label, baik pada posting maupun pada sidebar. Ingat, memberikan backlink menuju sebuah alamat url label pada blogspot adalah hal yang sia-sia.

Template blogspot tidak SEO friendly

Dari mulai masalah title, meta tag, related post dan lain-lain, tidak di sediakan secara default oleh blogger. Untuk itu sobat dapat menambahkan fitur-fitur penting tersebut dengan mengedit kode html blog.

Template blogspot tidak valid xhtml

Sebenarnya ini bisa dikatakan adalah masalah besar pada mesin blogspot, akan tetapi dari pengamatan seorang pemula seperti saya malah melihat ketidak-valid-an template blogspot ini tidak terlalu mempengaruhi ke-seo-an mesin blogger. Contohnya bisa dilihat beberapa kata kunci di google malah dikuasai oleh blog-blog bermesin blogger. Blog-blog tersebut sangat banyak memiliki error ketika di cek dengan w3c validator, tapi hal itu tidaklah membuat blog-blog tersebut tidak bisa melanglang buana di SERP google. Entah ini hanya mitos atau bukan, memiliki blogspot yang valid html tentu akan mempermudah jalan sobat menuju posisi puncak di google serp.

Solusi : Saya menyarankan untuk menggunakan template blogspot valid html5

Alamat url posting yang terbatas

Tidak seluruh judul postingan akan menjadi alamat url artikel blog kita. Melainkan akan terpotong hanya sampai 6 kata. Akibatnya, ini berpengaruh terhadapat posisi posting tersebut di serp karena seperti yang selama ini sobat dan saya ketahui bahwa keyword yang ada pada url akan sangat berpengaruh di google.

Solusi : ketika akan memposting artikel, cobalah memendekkan judul postingan hingga maksimal 6 kata-kata utama saja. Lalu, setelah terpublish langsung edit lagi dan ubah judulnya menjadi judul lengkap sebelum dipendekkan tadi.

Barangkali ada tambahan? atau ada masalah lain dengan seo untuk blogger?