Cara Mengembalikan Semangat Ngeblog

3/11/2015
hosting murah
Cara Mengembalikan Semangat Ngeblog - Tidak sedikit blogger yang sudah lama membuat blog mengalami penurunan semangat untuk terus eksis dalam aktivitas atau kegiatan blogging. Sebenarnya hal tersebut memiliki banyak faktor, namun salah satu faktor yang paling sering ditemui mengapa banyak blogger yang mengalami penurunan untuk meneruskan kegiatan blogging adalah adanya aktivitas (pekerjaan) lain sehingga tidak dapat online dan membagi waktu untuk memanage dan memaintenance blog atau website yang telah dibangunnya sejak lama. Bahkan yang paling ironi lagi adalah ketika website atau blog yang dimilikinya sudah memiliki reputasi baik itu di search engine maupun dimata pengunjung setiannya.

Sebenarnya hampir kebanyakan blogger yang mengalami hal ini, dan begitu pula dengan saya atau Anda yang sedang mengalaminya. Akan tetapi hanya beberapa blogger saja yang mampu bangkit dan memotivasi dirinya untuk meneruskan kegiatan blogging. Jika kita menikmati aktivitas blogging ini, segala permasalahan yang kita jumpai didalamnya akan mudah kita selesaikan. Karena saya sudah mengalami hal tersebut, dan ingin berbagi pengalaman kepada Anda selaku blogger yang baru membuat blog. Sehingga Anda dapat meneruskan niat mulia untuk berbagi ilmu pengetahuan ataupun informasi bermanfaat yang Anda ketahui kepada orang banyak khususnya pengguna internet.

Cara Mengembalikan Semangat Ngeblog

Tahukah Anda, secara fundamental membangkitkan semangat blogging sangat sederhana, namun Anda dituntut untuk konsisten dalam cara melaksanakannya. Jika Anda besikukuh untuk ingin tahu, saya akan membeberkannya secara gamblang pada artikel/postingan ini.

Cara Mengembalikan Semangat Ngeblog

Berikut ini ada beberapa Cara Mengembalikan Semangat Ngeblog Anda kembali menggelegar seperti sediakala.

1. Apa Visi dan Misi Anda Membuat Blog


Pertanyaan ini adalah hal yang paling mendasar ketikan Anda memutuskan untuk blogging. Karena tanpa visi dan misi, aktivitas blogging akan hambar, sama halnya anda hidup tentu memiliki visi dan misi untuk mencapai target-target hidup yang ingin dicapai. Tidak hanya itu, sebagaimana kata bijak mengatakan bahwa "semangat saja tidak cukup untuk segala pencapaian, juga harus dibubuhi visi dan misi". Untuk itu mulai dari sekarang, sebelum Anda melanjutkan aktivitas blogging ini, tentukan visi dan misi Anda dan tetapkan target-target yang ingin Anda capai.

2. Management Waktu


Setelah Anda menetapkan visi dan misi blogging, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengatur waktu untuk mengurus website atau blog yang Anda miliki. Biasa ketidakteraturan kegiatan blogging dapat membuat kita jenuh atau bosan, dan hal ini juga yang dapat menurunkan semangat Anda blogging. Anda dapat memanage blog atau website Anda diwaktu luang atau dihari-hari tertentu, dengan demikian blog atau website Anda terawat dan nampak hidup.

3. Fokus


Biasanya banyak blogger yang terlalu tamak untuk membahas berbagai kategori artikel untuk dimuat di dalam blog atau website yang dimilikinya. Mulai dari panduan blogger, teknik seo, hingga berbagaimacam berita dan informasi diluar pengetahuannya. Sehingga karena terlalu banyak kategori artikel yang dimuat, menjadikannya kualahan dalam mengelola blog. Hal inilah yang menjadi indikasi mengapa banyak blogger melakukan plagiat (copy-paste) artikel dari blog tetangga tanpa mengetahui manfaat atau makna dari artikel yang diduplukatnya. Saran saya, fokuslah menulis artikel di blog dalam ruang linkup Anda atau spesialisasi Anda, dengan katalain apa yang telah Anda kuasai, sehingga rasa jenuh yang menyebabkan menurunnya semangat blogging terhindar.

4. Istirahat Untuk Mendapatkan Inspirasi


Adakalanya kita untuk cuti sejenak dari aktivitas blogging dengan maksud dan tujuan untuk memfreshkan pikiran sembari mencari ide atau inspirasi baru yang akan kita tuangkan kedalam artikel yang kita tulis di blog. Hal ini juga perlu dilakukan, karena rutinitas diluar dari aktivitas blogging juga dapat membuat mumet kepala sehingga menimbulkan malas untuk menulis artikel di blog.

5. Cintai Aktivitas Blogging


Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa sebenarnya kegiatan blogging ini merupakan kegiatan yang mulia. Artinya kita menjadi bermanfaat atas orang lain dalam menyampaikan informasi yang bermanfaat dan bukan hoax. Disamping itu pula dengan kecintaan kita terhadap kegiatan ini menjadikan kita rindu ketika kita meninggalinya dengan alasan apapun.

Karena sudah terlalu panjang, maka saya cukupkan sampai disini dulu artikel Cara Mengembalikan Semangat Ngeblog, semoga bermanfaat. Jika Anda ingin menambahkannya, silahkan dimuat pada kotak komentar dibawah ini.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.