Pengertian Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate

2/18/2015
Pengertian Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate - Pada artikel ini saya akan menjelaskan pengertian dari Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate yang bisa Anda simak di bawah ini


1. Unique Visitor


Unique Visitor adalah Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Jumlah Unique Visitor adalah indikator pertama keberhasilan sebuah website, semakin tinggi pengunjung unique, semakin besar peluang website tercapai, dan efeknya pada ranking situs. efeknya juga bagus pada alexa rank, tapi belum tentu bagus pada google PR, karena google juga memperhitungkan kualitas visitor, sedangkan jumlah pengunjung bisa direkayasa dengan program traffic exchange (Auto dan Manual Surfing). Satu pengunjung yang berkunjung beberapa kali ke website kita hanya akan terhitung sekali saja.

2. Visitor


Visitor adalah pengunjung yang sedang membuka website kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena nyasar, atau kebetulan. Berbeda dengan unique visitor, statistik ini menunjukkan jumlah seluruh kunjungan yang terjadi. Jadi satu pengunjung atau satu IP address dapat terhitung beberapa kali sebanyak kunjungan yang dilakukan. Setiap 1 Visitor pasti sudah ada 1 pageview (halaman yang sedang dilihat). Jika 1 pengunjung tersebut tertarik dengan artikel-artikel yang ada di website kita, maka kemungkinan besar pengunjung tersebut akan menghasilkan lebih dari 1 Pageview. Maka buatlah sebuah website dengan artikel-artikel yang semenarik mungkin, agar setiap penunjung tidak hanya singgah sesaat, melainkan singgah sambil jalan-jalan di halaman artikel lain dari blog anda.

3. Pageview


Pageview adalah halaman yang sedang dilihat oleh Visitor. Seperti pengertian di atas, 1 Pengunjung sudah pasti akan menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 pengunjung tersebut membuka 5 postingan /artikel di blog anda, maka jumlah Pageview akan bertambah 5, tetapi jumlah Visitor masih tetap 1. Jadi, semakin banyak visitor, maka akan memungkinkan website anda mendapatkan Pageview yang banyak.

4. Bounce Rate


Bounce Rate adalah rata-rata angka persentase antara tingkat kunjungan dengan page views (kunjungan tiap halaman) posting blog. Artinya antara jumlah kunjungan dibagi kunjungan tiap halaman dalam jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini ada hubungannya dengan sistem perangkingan google atau pagerank yang biasanya update 3 bulan sekali.

Sebagai contoh jika Kunjungan atau visitor 50 perhari pageviews 75, rumus menghitungnya adalah 50/75 = 66,66%. Jadi bounce ratenya adalah 66,66%. Manakah yang lebih bagus bounce rate tinggi atau rendah? Jelas bagus yang rendah. Coba hitung lagi misalnya jika pageviews ditambah menjadi 200 = 25%. Apakah arti dari angka-angka tadi? Pengunjung 50 orang dengan bukaan halaman hanya 75 berarti seorang pengunjung membuka tidak lebih dari 2 artikel. Sedangkan pengunjung 50 dengan pageviews 200 berarti rata-rata 1 pengunjung membuka 4 artikel. Sobat bisa membedakannya?

Demikian artikel Pengertian Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate. Semoga Bermanfaat, terima Kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.