Manfaatkan Email Untuk Pemasaran Online

1/19/2015
hosting murah
Manfaatkan Email Untuk Pemasaran Online – Alamat email menjadi sesuatu yang berharga, unik, dan privat. Terlebih lagi jika itu alamat email pribadi, yang tidak disebar ke sembarang orang. Di era serba online, email merupakan bentuk komunikasi yang nyaris mirip dengan berkorespondensi melalui pos di masa lalu.

Manfaatkan Email Untuk Pemasaran Online

Berkomunikasi melalui email pada masa ini hanya dilakukan oleh orang-orang terdekat dan terpercaya, seperti keluarga, teman baik, rekan kerja, internal perusahaan, mitra bisnis, dan sejenisnya. Tidak heran apabila pebisnis online masih terus berlomba-lomba mendapatkan perhatian pelanggan melalui email. Interaksi melalui email dianggap sebagai sesuatu yang personal, akrab, dan selayaknya teman baik.

Pemasaran selalu berbicara tentang kedekatan pebisnis online dengan pelanggannya. Ada bahasa khusus yang dipakai ketika mereka saling berinteraksi secara privat, bukan di lini massa Twitter yang bisa dibaca orang banyak, kolom komentar blog, atau forum jual beli. Email terbukti mampu mendongkrak angka penjualan. Studi yang diakukan ExactTarget, sebuah konsultan pemasaran online, menyatakan sebesar 77% pelanggan memilih menerima pesan-pesan pemasaran melalui email ketimbang aplikasi lain. Sebanyak 44% penerima email marketing melakukan setidaknya satu transaksi pembelian dalam setahun. Ada banyak alasan mengapa email masih sangat dibutuhkan di era ini, era di mana saluran komunikasi begitu beragam dan terbuka. Jangan lupa, konsep pemasaran melalui email masih terus dipakai perusahaan-perusahaan besar. Sebaiknya bisnis level Usaha Kecil Menengah (UKM) menggunakan email juga kalau ingin mengejar ketertinggalan.

Berikut 5 alasan mengapa email begitu penting bagi pemasaran online.

Cara Termudah Menjangkau Pelanggan


Di era komunikasi mobile, di mana hampir semua orang memiliki smartphone, komunikasi melalui email menjadi prioritas yang patut dipertimbangkan. Memeriksa email bisa dilakukan sama simpelnya dengan membuka SMS di ponsel. Melihat fakta ini maka bisa dikatakan bahwa memasarkan sesuatu melalui email jauh lebih efektif ketimbang melalui SMS.

Dengan email, kita bisa mengirim sapaan akrab, deskripsi yang lebih lengkap, bahkan foto barang yang ingin ditawarkan. Semua bisa didapatkan pelanggan cukup dengan sekali klik di ponsel pintarnya, bahkan ketika mereka masih setengah terlelap di tempat tidur. Semudah itulah menjangkau pelanggan melalui email di masa kini.

Cara Paling Akrab Untuk Berinteraksi


Memasarkan barang melalui email bukan hal yang dilakukan hanya karena email mudah menjangkau pelanggan. Inilah suatu taktik ciamik yang membantu pemilik usaha agar tetap terhubung dengan pelanggannya. Pelanggan yang sudah teregistrasi ke lapak online atau blog kita secara otomatis sudah berinteraksi dengan kita. Namun, apakah interaksi itu cukup baik? Email menjadi alat yang bisa memastikannya. Dengan email, pebisnis seolah memiliki saluran khusus untuk menyampaikan informasi secara langsung ke pelanggan. Kita akan mengenali siapa pelanggan yang menyukai merek tertentu sehingga bisa mengirim email penawaran setiap ada produk bermerek itu. Apabila disertai dengan video promosi atau foto menarik, pelanggan akan merasa diperlakukan istimewa.

Cara Paling Efektif Untuk Menyampaikan Informasi


Mungkin kita sudah merasa cukup terhubung dengan pelanggan melalui WhatsApp, Direct Message di Twitter, SMS, atau telepon? Tunggu dulu. Itu semua memiliki perbedaan yang sangat besar jika dibandingkan dengan penggunaan email. Ada saat kita ingin menyampaikan informasi selengkap mungkin ke pelanggan, mungkin tentang promosi brand terbaru atau diskon, yang tidak cukup disampaikan melalui pesan instan. Email dengan subjek menarik dan sentuhan personal akan jauh lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan.

Cara Paling Murah Untuk Berpromosi


Ya, hal ini betul sekali. Promosi yang panjang lebar, detail, dan lengkap dengan foto bahkan video, bisa menjangkau pelanggan yang sedang ada di benua lain sekalipun. Itulah email. Semua dapat dilakukan dengan biaya sangat murah ketimbang memasang iklan di media konvensional, seperti TV, radio, majalah, atau koran. Bagi kalangan UKM, promosi melalui email merupakan pilihan paling bijak.

Cara Paling Mudah Untuk Memahami Pelanggan


Memiliki database alamat email pelanggan saja sudah suatu modal besar untuk melakukan riset pemasaran. Terlebih lagi setelah kita menjalankan email marketing. Ada software yang dapat membantu pebisnis untuk menganalisis siapa saja yang sudah membuka email yang kita kirimkan, memberi respons, link mana yang mereka klik, dan siapa yang melakukan transaksi. Dari sini, kita dapat memonitor aktivitas pelanggan sehingga bisa lebih memahami selera dan kebutuhan mereka. Apakah pendekatan yang dilakukan selama ini sudah bagus atau masih ada yang perlu diperbaiki? Menganalisis interaksi dengan pelanggan melalui email merupakan salah satu cara paling efektif untuk menjawab pertanyaan itu.

Email marketing yang dijalankan kebanyakan pebisnis online biasanya menggunakan format newsletter, yaitu satu pesan disampaikan secara otomatis ke banyak penerima sekaligus. Dengan begitu, kita tidak perlu mengetik dan mengirimkan email satu demi satu ke pelanggan. Ada banyak aplikasi membuat newsletter yang bisa didapatkan secara online. Jika merasa terlalu awam untuk melakukan hal ini, kita bisa meminta bantuan teman. Intinya, secara teknis membuat newsletter bukan perkara rumit. Kita hanya butuh bantuan di awal saja, kemudian akan mampu melakukannya sendiri.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.