Wednesday, November 26, 2014

Tips Berkomentar yang Baik di Blog

Tips Berkomentar yang Baik di Blog - Zaman sekarang ini sudah banyak sekali spammer yang bertebaran seperti penjual obat-obatan atau toko online dimana saja. Bukan sekarang ini saja, mungkin ini sudah terjadi pada zaman dulu.

Mungkin mereka tidak tahu bagaimana cara berkomentar yang baik dan benar itu maka dari itu mereka berkomentar sekenanya saja. Mungkin blog Anda juga pernah mendapatkan komentar spam dari penjual obat atau toko online.

Tips Berkomentar yang Baik di Blog

Walaupun sudah ada script anti-spammer yang blogger share di internet, itu menurut Saya tidak cukup. Lebih baik mengaktifkan moderasi komentar saja. Tentunya sobat tahu dong, jika pernah melakukan atau bahkan sering Blogwalking (Berkomentar diblog orang lain agar mendapatkan komentar balik) dan cara berkomentar yang baik dan benar.

Tetapi jika Anda berkomentar yang aneh-aneh dan tidak nyambung dengan isi artikel, pemilik blog mungkin akan ragu mengunjungi blog Anda. Tetapi jika Anda berkomentar dengan relevan sesuai artikel pemilik blog yang Anda komentari blognya maka mereka tidak akan segan-segan untuk berkomentar balik.

Bagaimana Berkomentar yang Baik dan Benar Itu?


Mungkin sobat bingung bagaimana sih seharusnya Saya berkomentar, karena komentar Saya tidak pernah disetujui oleh admin atau pemilik blog.

1. Berkomentarlah sesuai Topik yang sedang dibahas

Berkomentar sesuai topik yang telah dibawah bukan hal yang sulit menurut Saya, walaupun Anda malas membaca dan tujuan Anda hanya mendapatkan komentar balik. Ya, sebaiknya paling sedikit Anda membaca judul artikel saja.

Dengan membaca judul pasti kita bisa membuat komentar yang relevan. Atau bisa mengajukan pertanyaan kepada admin. Jadi, berkomentar yang baik itu adalah berkomentar yang sesuai, jangan asal komentar saja.

2. Komentar yang terlalu pendek bisa-bisa dianggap Spam

Menurut Saya berkomentar pendek tidak terlalu menjadi masalah. Tetapi ini tergantung pemilik blog saja. Mungkin mereka capek-capek menulis artikel panjang-panjang, dan kita hanya menuliskan komentar seperti Nice post, mantap, dll. Yan mungkin dihati admin kurang enak hehe.

3. Meminta untuk Kunjungan Balik

Yang paling sering Saya lihat adalah "Kunjungan baliknya ya gan" dengan menyertakan link blognya. Apakah itu baik menurut anda? tentunya itu sangat merusak pemandangan, dengan cara seperti itu bukan tambah meningkatkan blog anda, tetapi hanya akan merusak blog anda, dan blog andapun bisa-bisa dianggap spam oleh Google.

Untuk apa kita berkomentar seperti itu? Belum tentu pemilik blog akan berkunjung kembali diblog anda, jika Anda hanya berkomentar seperti itu, tetapi jika Anda berkomentar yang relevan dan sangat bagus pasti mereka akan berkunjung kembali, tanpa Anda suruh sekalipun.

4. Menyisipkan Link Aktif Pada Komentar Blogger

Ini sangat buruk sekali, dan sangat dibenci oleh blogger-blogger yang sudah berpengalaman. Bukan hanya blogger saja, Google pun sangat membenci cara seperti ini.

Menurut Saya, jika Anda menyisipkan link akti pada komentar blog, Anda pasti akan mendapatkan Backlink! ya Anda akan mendapatkan backlink. Tetapi Saya jamin backlink yang Anda dapatkan tersebut sangatlah tidak berkualitas, dan hanya backlink jelek saja.

Saya pernah membaca, bahwa lebih baik 1 Backlink tapi berkualitas dari pada 1000 backlink tapi tidak berkualitas. Begitulah kira-kira, jadi Saya sarankan kepada jangan sekali-sekali untuk meletakkan link aktif pada komentar.

Ya... ini mungkin berdasarkan pengalaman Saya saja, karena Saya juga tidak lama didunia per-bloggingan hehe istilah menurut Saya aja. Saya memulai blogging dari tahun 2010. Jadi Saya agak sedikit tahu tentang cara berkomentar yang baik itu seperti apa.

Nah, lumayan melelahkan menulis artikel seperti ini, tetapi Saya sangat senang bisa berbagi kepada Anda semua, lebih dan kurangnya Saya mohon maaf. Semoga bermanfaat ya sob.