Thursday, November 6, 2014

Media Sosial Sebagai Sarana Marketing

Media Sosial Sebagai Sarana Marketing – Kita sudah memiliki website atau blog, sudah bergabung dengan online marketplace juga, maka media sosial merupakan kelanjutan dari mata rantai bisnis online. Di media sosial, kita bisa lebih menawarkan produk, berbagi cerita, memberi testimoni dan tips, menawarkan diskon, membuat kuis, dan sejenisnya. Media sosial memberi ruang tanpa batas untuk berlomba-lomba menawarkan sesuatu yang berbeda ke khalayak dunia maya.

Media Sosial Sebagai Sarana Marketing

Alex Chris dari ReliableSoft.net mendefinisikannya sebagai suatu proses membangun kesadaran tentang diri, produk, atau jasa melalui berbagai kanal media sosial.

Tujuan utama dari kampanye marketing media sosial adalah sebagai berikut.

  • Memperbanyak trafik ke suatu situs.
  • Meningkatkan visibilitas suatu produk.
  • Menambah lebih banyak pengikut di media sosial.
  • Mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Kenapa media sosial begitu penting bagi suatu bisnis? Alex Christ menjabarkan alasannya sebagai berikut.

Paling Cepat


Media sosial adalah cara tercepat untuk menyebarkan pesan mengenai suatu produk atau barang. Sebuah twit di Twitter bisa menyebar secara viral dalam hitungan menit, bahkan lebih cepat dari TV atau media tradisional lain.

Paling Lengkap


Jutaan orang di seluruh dunia menghabiskan banyak waktu untuk aktif di jejaring media sosial. Mereka berasal dari berbagai kelas sosial, kelas ekonomi, profesi, etnis, agama, warna kulit. Kita butuh sosok seperti apa? Semua bisa dijumpai di media sosial.

Paling Tren


Inilah jenis kampanye marketing paling tren saat ini. Di masa lalu, orang memasang billboard di tepi jalan dengan harapan bisa terbaca oleh para pengendara mobil. Tapi, itu masa lalu. Kini orang lebih memperha­tikan apa yang ada di layar komputer atau gadget.

Paling Berpengaruh


Makin banyak studi yang mengindikasikan media sosial sangat penting dalam menjalankan bisnis. Terbukti kian banyak perusahaan mengggarap akun media sosialnya secara serius demi mendapatkan lebih banyak pelanggan. Apakah hanya perusahaan besar yang bisa meman­faatkan media sosial untuk pemasaran? Tentu saja tidak. Justru Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa sangat terbantu dengan media sosial. Coba saja ikuti se­jumlah akun media sosial yang menawarkan produk di Twitter atau Facebook. Banyak yang berasal dari kalangan UKM.