Thursday, October 16, 2014

Tips Menulis Blog yang Baik untuk Pemula

Tips Menulis Blog yang Baik untuk Pemula - Saat ini, banyak sekali orang yang ingin menjadi penulis. Menulis selain asik dilakukan, ternyata juga bisa membuahkan hasil seperti uang dan yang lainnya. Tidak heran jika menulis menjadi pekerjaan yang sangat mudah dan murah yang saat ini dijadikan pekerjaan tetap untuk sebagian orang, tanpa harus membutuhkan modal yang besar untuk melakukan bisnis menjadi penulis.

Tips Menulis Blog yang Baik untuk Pemula

Menulis termasuk kegiatan yang susah susah gampang. Susah karena jika tidak ada niat, semuanya tidak akan terlaksana. Gampang, karena hanya meluapkan isi fikiran dalam bentuk tulisan saja. Untuk menjadi penulis yang hebat, ada tips-tips yang harus diperhatikan. Di postingan ini Arlina Design akan berbagi sedikit tips tentang menulis, entah menulis buku, blog, atau yang lainnya. Pada dasarnya sama saja.

Sebelumnya, untuk menjadi penulis harus sudah ada niat dari awal. Karena modal terbesar penulis adalah niat. Menulis bukan pekerjaan untuk orang malas.

1. Cerita


Sebelum menulis, hal yang harus diperhatikan adalah cerita. Cerita apa yang harus atau yang ingin diangkat. Usahakan cerita tersebut tidak banyak dipasaran sehingga kamu akan membuat cerita baru dan segar, pembaca akan senang membacanya karena mereka baru pertama kali membaca cerita tersebut. Berbeda dengan cerita yang sudah pasaran, pembaca akan bosan karena bertemu dengan tulisan itu-itu saja.

Sama halnya menulis blog, sebelumnya kamu harus menentukan topik apa yang ingin kamu tulis, entah itu tutorial, review, atau hanya sekedar curhat.

Cerita atau isi tulisan menjadi sangat penting karena itulah yang menjadi kekuatan utama dalam tulisan. Jika kekuatan itu lemah, jangan harap tulisan tersebut bisa menarik. Tapi tenang, hal tersebut masih bisa dikembangkan lagi, jika memang tidak menarik, tulisan kamu masih bisa diedit.

2. Plot


Plot adalah semacam kerangka, yang bertujuan untuk menyusun alur cerita kamu mulai dari awal sampai akhir. Plot sangat dibutuhkan dalam menulis karena bisa membantu kamu ketika lagi hilang ide, atau mungkin tulisan kamu menjadi kemana-mana, plot berfungsi untuk meluruskan hal tersebut.

Plot disusun di awal karena, ketika kamu sudah mempunyai plot yang bagus, kamu tidak perlu bingung lagi apa yang harus kamu tulis dan kemana jalan tulisan kamu.

3. Mudah dimengerti


Tulisan yang bagus bukan tulisan yang bercampur dengan bahasa Inggris atau yang lainnya. Tapi, tulisan yang bagus adalah tulisan yang bisa dipahami oleh semua orang. Tulisan kamu bisa dikatakan sukses jika pembaca mengikuti alur dan tidak kebingungan apa maksud dari tulisan kamu.

Jadi, menulis tidak perlu menggunakan kata-kata yang ribet, cukup yang simple, dan mudah dimengerti.

4. Jangan sambil mengedit


Yang sering dilakukan oleh penulis baru adalah sering mengedit tulisan mereka sambil menulis, padahal hal ini justru tidak boleh. Jika kamu ingin menjadi penulis yang keren dan mempunyai tulisan yang bagus, tulis saja apa yang ada di dalam kepala kamu. Ketika semuanya sudah selesai, langkah selanjutnya kamu bisa mendeditnya.

Untuk mengedit tulisan sendiri usahakan jangan setelah menulis, karena mungkin fikiran kamu akan masih sama dengan apa yang baru saja kamu tulis. Kamu bisa menyimpan tulisan kamu terlebih dahulu, mungkin satu Minggu. Tinggal dulu, jangan difikirkan, setelah satu Minggu kemudian, cek tulisan kamu kembali, maka kamu akan menemukan sesuatu yang berbeda dari tulisan kamu. Kemudian, edit. Lakukan pengeditan sampai tulisan kamu benar-benar mempunyai kesalahan yang sedikit.

5. Mulai menulis


Belajar menulis sama seperti belajar hal yang lain. Yang paling penting adalah langsung melakukannya, percuma mempunyai banyak teori tentang menulis, tapi tidak pernah dilakukan. Semuanya akan sia-sia.

Eksekusi membuat tulisan kamu cepat selesai, daripada terus memikirkannya, selamanya hanya akan menjadi angan-angan. Jelek tidak masalah, lebih baik satu karya jelek daripada seribu ide yang bagus.

Sekian, mungkin itu saja sedikit yang bisa saya bagi, sesuai pengalaman, jika ada kurang dan lebihnya bisa ditambahkan di kolom komentar bawah. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan kamu menjadi penulis yang keren mempunyai penghasilan yang banyak melalui menulis.