Saturday, October 4, 2014

Cara Menggunakan Fitur Permalink Blog Agar SEO Friendly

Cara Menggunakan Fitur Permalink Blog Agar SEO Friendly

Cara Menggunakan Fitur Permalink Blog Agar SEO Friendly - Untuk memulai menggunakan fitur Permalink ini, sebaiknya anda masuk terlebih dahulu ke Blogger.

Buka halaman editor untuk membuat artikel baru, klik menu Tautan permanen / Links pada sidebar sebelah kanan halaman editor, lalu pilih Tautan Permanen Khusus / Custom Permalink seperti gambar di bawah ini



Masukkan Permalink sesuai dengan tema artikel yang akan anda terbitkan, sisipkan kata kunci target, perlu diperhatikan bahwa untuk pembuatan permalink ini jumlah huruf tidak lebih dari 60 karakter dan gunakan separator (-) sebagai tanda penghubung antar kata.

Contoh seperti di bawah ini :

cara-menggunakan-fitur-permalink-blog-agar-seo-friendly


Maka URL atau Alamat Link Artikel yang akan terbentuk menjadi seperti ini :

http://arlinadesign.blogspot.com/2014/10/cara-menggunakan-fitur-permalink-blog-agar-seo-friendly.html

Klik tombol Selesai / Done untuk menyimpan permalink yang akan dibuat.


Sebagai catatan jika artikel telah di publish maka permalink tidak dapat diubah. Permalink yang sudah anda buat akan menjadi URL atau Alamat Link Artikel yang akan ditampilkan pada halaman hasil pencarian oleh Search Engine.


CATATAN :

Walaupun fitur permalink ini cukup memudahkan pengguna Blogger untuk menetapkan URL atau Alamat Link artikel yang akan dipublish, namun masih ada beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan platform blogger lainnya seperti WordPress atau situs yang dibangun dengan self hosting diantaranya :

1. Fitur permalink hanya dapat dibuat atau diedit sebelum artikel dipublish, jika artikel sudah terlanjur dipublikasikan, permalink tidak dapat diubah, mungkin ini sudah sesuai dengan namanya yaitu Permanen Link.

2. URL atau Alamat Link yang terbentuk masih menyertakan folder lokasi penyimpanan artikel. Idealnya agar benar-benar menjadi link yang SEO Friendly, folder lokasi penyimpanan artikel tidak diikutkan.


Contoh seperti di bawah ini :

http://arlinadesign.blogspot.com/2014/10/cara-menggunakan-fitur-permalink-blog-agar-seo-friendly.html


Idealnya agar menjadi URL yang SEO Friendly adalah seperti ini :

http://arlinadesign.blogspot.com/cara-menggunakan-fitur-permalink-blog-agar-seo-friendly.html


Walaupun Fitur Permalink Blogger masih terdapat beberapa kekurangan namun sudah lebih baik dibandingkan sebelum fitur ini diaktifkan, minimal anda sudah bisa menyisipkan kata kunci target ke dalam permalink yang terbentuk.


Semoga bermanfaat bagi anda semua.


Source : http://arlinadesign.blogspot.com/2014/10/cara-menggunakan-fitur-permalink-blog-agar-seo-friendly.html