Wednesday, September 24, 2014

Perbedaan Antara Blog dan Website

Apa itu blog dan apa itu website? Jika Anda sedang mencari pengertian blog dan website, Anda sekarang tidak salah masuk, karena di sini saya akan menjelaskan sampai tuntas apa yang dimaksud dengan blog serta website.

Saya yakin umumnya yang terlintas dalam pikiran kita bahwa blog dan website adalah sama. Tapi sebenarnya tidak begitu. Karena memang blog dengan website jelas berbeda.

Sekarang Anda harus membuang jauh-jauh sebuah anggapan kalau blog dengan website mempunyai perspektif yang sama. Dalam banyak hal sama sekali antara blog dan website tidak sama.

Berikut Perbedaan Blog dan Website yang Tidak Banyak Orang Tahu

Jika merujuk ke WikiPedia pengertian blog adalah sebuah halaman situs diskusi yang berisikan konten artikel dan merupakan kontradiksi dari web log. Sedangkan website adalah sebuah halaman web yang saling terkait serta disajikan dari satu domain dan merupakan kontradiksi dari situs web.

Perbedaan Blog dan Website yang Tidak Banyak Orang Tahu

Lebih jelasnya lagi mari kita bahas satu-persatu perbedaan antara blog dengan website.

1. Jika Dilihat Berdasarkan Konten


Konten blog dapat berisi berbagai macam topik-topik yang berupa artikel. Pembahasan konten blog lebih luas lagi dan tidak terikat dengan satu pembahasan materi saja. Artikel bisa berupa pembahasan tutorial, teknologi, selebritis, pembelajaan bahasa, dan masih banyak lagi. Jiki dilihat sekilas, blog seolah-olah bertindak seperti majalah online yang senantiasa menyajikan informasi lengkap untuk memanjakan pengunjungnya. Hal ini berbeda jauh dengan konten yang dimuat didalam sebuah website. Konten website tidak selengkap seperti blog, website dibuat hanya untuk mewakili satu produk atau informasi yang serupa saja.

Penyajian konten blog dan website juga berbeda jauh. Biasanya konten yang ditulis disebuah blog disajikan dengan bahasa sederhana, bahasa informal atau bahasa tidak resmi. Sementara website biasanya menyajikan konten dengan nada sebaliknya, yaitu menggunakan bahasa formal.

Konten yang dibuat didalam sebuah website biasanya statis atau tidak berubah. Setiap kali kita mengunjungi website maka yang terlihat adalah daftar konten yang itu-itu saja. Berbeda jauh dengan konten yang disusun didalam sebuah blog. Jika admin sangat rajin update artikel, maka setiap kita berkunjung terhadap sebuah blog maka akan selalu disajikan tulisan atau artikel terbaru. Semua artikel biasanya akan disusun rapi dalam sebuah halaman arsip atau daftar isi (sitemap). Bahkan dalam sebuah blog akan ditemui widget popular post dan recent post.

Tidak sulit untuk membedakan blog dengan website begitu kita melihat halaman beranda keduannya (homepage). Sebuah blog tentunya di halaman beranda (homepage) akan dibanjiri dengan pilihan artikel yang disusun dari artikel lama sampai terbaru.

2. Berdasarkan Kode (Coding) Bahasa Pemrograman


Umumnya website dibuat oleh tangan-tangan ahli atau profesional dalam pengkodean. Karena website dibangun secara manual menggunakan kode-kode seperti HTML, CSS, PHP, Javascript, dan sebagainya. Namun jika kita membuat blog tidak perlu dipusingkan dengan ratusan kode. Kita cukup menggunakan template yang tersebar di internet. Bahkan saat ini sangat banyak template gratis yang bisa kita manfaatkan untuk mempercantik tampilan blog.

Bukan berarti dalam membuat blog tidak harus paham dan mengerti dengan kode. Lebih baiknya lagi agar tampilan blog terkesan lebih profesional dan berbeda dengan tampilan blog orag lain, disarankan kita melakukan perubahan sedikit demi sedikit template gratis yang kita gunakan.

3. Perbandingan Trafik Blog Dengan Website


Jika bicara trafik atau pengunjung yang bersumber dari Search Engine Result Page (SERP) tentunya Anda sendiri sudah bisa menebak. Sebuah blog senantiasa akan selalu dibanjiri trafik dibanding dengan website. Alasannya sebuah blog terlihat lebih aktif dibanding dengan website. Tandanya konten blog setiap saat akan terus diperbarui oleh adminnya. Hal ini akan menarik minat pembaca untuk terus berkunjung terhadap blog aktif.

Hal lain yang disukai pembaca dari blog adalah dengan blog antar pembaca dan admin bisa berinteraksi langsung. Interaktif ini dibuktikan dengan menyediakan opsi kotak komentar, sharing artikel, langganan artikel, dan sebagainya. Berbeda dengan website, fasilitas-fasilitas tersebut untuk jenis website biasanya ditiadakan atau dinonaktifkan.

4. Tujuan Dibuat Blog dan Website


Seperti yang sudah disinggung diatas kalau pengertian website itu lebih sempit daripada sebuah blog. Website dibuat dengan tujuan sebagai sarana komersial produk-produk tertentu, menampilkan profil perusahaan, atau bahkan sebagai sarana jualan online. Sedangkan tujuan utama dibangun blog adalah mulanya hanya sebagai media online untuk mengekspresikan atau sebagai catatan pribadi admin. Blog tidak takut salah eja bahasa ketika menulis artikel, karena tidak dituntut dengan penggunaan bahasa formal.

5. Biaya Untuk Membangun Blog dan Website


Lebih murah mana biaya untuk membuat blog dan membuat website? Tentunya lebih murah blog bahkan bisa membuat blog secara gratis. Saat ini sudah banyak subdomain sekaligus webhosting pilihan terbaik untuk membuat blog. Contohnya WordPress.com, Blogspot.com, Blogdetik.com, dan sebagainya. Namun banyak juga status blog saat ini sudah diperbarui (upgrade) ke domain dan hosting berbayar.

Jika kita ingin membuat website, maka kita meski mengeluarkan budget untuk membeli domain dan sewa hosting perbulan atau pertahun. Kemudian tidak selesai disitu, Anda harus install Content Management System didalamnya. Meskipun demikian bisa juga jenis website menggunakan domain dan hosting gratisan.

Sekarang mungkin Anda sudah bisa membedakan apa yang dimaksud dengan blog dengan website. Semoga tidak salah kaprah lagi dalam memahami blog dan website. Walaupun dilihat sekilas banyak persamaannya, namun antara blog dan website sangat jelas berbeda.

Mungkin hanya itu saja penjelasan tentang Perbedaan Blog dan Website yang Tidak Banyak Orang Tahu. Diharapkan tulisa ini ada manfaatnya untuk yang membutuhkan. Salam sukses!