Cara Agar Blog Cepat Terindex Mesin Telusur

9/30/2014
Cara Agar Blog Cepat Terindex Mesin Telusur - Mungkin Anda sering bertanya tentang bagaimana cara agar blog cepat terindex Google atau di indeks oleh mesin telusur (search engine) yang lainnya pada blog. Sebenarnya tips SEO agar postingan/artikel blog cepat muncul di Google index ini sudah banyak diulas oleh para Blogger maupun pakar SEO, tapi disini saya akan mengulas kembali dengan pengalaman yang saya ketahui.

Terindex oleh search engine adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan blog Anda, tanpa di indeks blog Anda akan kesepian pengunjung dan terlihat mati meskipun Anda menulis konten yang fresh dan berkualitas tapi tetap konten Anda akan seperti terkubur, nah disinilah pengetahuan SEO itu berfungsi agar konten pada blog Anda dikenali dan terindex oleh mesin pencari seperti Google, Bing (Yahoo) maupun search engine lainnya karena hampir 60% pengunjung akan datang dari mesin pencari tersebut, Ada beberapa teknik atau strategi yang harus Anda terapkan agar cepat terindex.

Cara Agar Blog Cepat Terindex Mesin Telusur

Submit Sitemap ke Search Engine Google/Bing


Sitemap adalah sebuah daftar isi yang menerangkan tentang apa yang ada pada blog Anda, sitemap di sini bukan daftar isi yang seperti ada pada halaman melainkan sitemap yang berupa XML. XML adalah sebuah bahasa yang hanya disetujui oleh search engine. Untuk pengguna Wordpress bisa membuat sitemap dengan plugin, dan untuk pengguna Blogspot biasanya sudah terintegrasi, seperti pada contoh dibawah.

http://www.arlinadzgn.com/sitemap.xml

http://www.arlinadzgn.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

http://www.arlinadzgn.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Silakan submit sitemap Anda pada Google Search Console, untuk Bing/Yahoo silakan submit ke Bing Webmaster Tools.

Link Building Agar Postingan Cepat Terindex Mesin Pencari


Untuk cepat terindex Anda harus membangun link ke halaman post Anda, jangan hanya mencari link mengarah ke homepage saja, carilah link dofollow yang mengarah ke konten Anda. Hal ini juga akan membuat blog Anda menjadi populer dan terpercaya di mata search engine, mesin pencari seperti Google sangat senang dengan blog yang mempunyai link dofollow yang relevan yang mengarah ke halaman blog Anda dan DA dan PA pun bisa Anda dapatkan.

Cara Cepat Terdeteksi Google Dengan Social Bookmarking/Social Media


Salah satu cara yang sangat cepat agar blog Anda terindex mesin pencari adalah dengan membagikan konten Anda pada situs social media atau social bookmark yang banyak di jumpai sekarang ini seperti Google+, Twitter, Facebook, Linkedin, Pinterest, dll. Selain itu blog Anda juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.

Internal Linking Dalam Halaman Blog


Jika Anda ingin halaman baru pada situs Anda diindeks cepat maka internal linking akan menjadi sangat berguna. Sebutkan halaman baru Anda dengan anchor text link, dan perbarui (update) halaman yang sudah terindeks sebelumnya dengan menyertakan link ke halaman baru Anda (pastikan pembahasan pada konten Anda sebelumnya cocok dengan konten Anda yang baru).

Linking halaman situs Anda bukan hanya tentang membangun external backlink. Hal yang sangat penting juga adalah membangun link dalam website Anda (internal linking) yang akan mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada situs Anda.

Ping blog untuk memanggil Google/Bing spider


Ping pada mulanya merupakan metode untuk blogger untuk memperingatkan mesin pencari pada konten baru di blog mereka. Namun, telah berkembang di mana setiap orang dapat menggunakannya untuk memperbarui (update) bukan hanya blog tapi juga website tradisional

Ping adalah sarana yang sangat berguna memperingatkan mesin pencari dan direktori untuk pembaruan dalam konten Anda.

Ada banyak situs layanan ping online yang tersedia. Beberapa yang terbaik yang saya ketahui adalah :

googleping.org

pingler.com

pingomatic.com

Komentar Pada Blog Agar Cepat Terindex Search Engine


Blog dengan pembaca yang aktif dan banyak konten baru akan di crawled secara teratur oleh search engine, dengan berkomentar pada blog seperti itu maka Anda akan mendapatkan imbas dari popularitasnya dan akan mendapatkan halaman sendiri diindeks dengan cepat. Cobalah mengomentari posting terakhir pada blog-blog yang sudah terkenal dan mempunyai ranking tinggi, ini adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan halaman baru diindeks cepat dan pastikan bahwa Anda menggunakan halaman yang ingin diindeks sebagai URL website Anda ketika berkomentar tidak hanya halaman muka (homepage) saja.

Update Konten Blog/Website Secara Teratur


Pastikan Anda memperbarui situs Anda secara teratur, konten yang fresh adalah penting untuk mendapatkan halaman baru diindeks. Jika konten yang ada pada blog Anda sudah basi maka search engine tidak akan menjelajahi (crawl) blog Anda secara teratur, Di sisi lain, jika Anda menjaga blog Anda segar dan diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka spider mesin pencari akan terus datang kembali. Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik dan konten nya terindeks cepat tidak lain adalah karena si pemilik blog sering memperbarui situs mereka dengan konten baru yang segar.

Mobile Friendly dan Responsive Design


Tidak bisa dipungkiri lagi, pengguna gadget smartphone dan tablet sekarang sudah melebihi dari pengguna komputer PC dan laptop, maka wajib bagi kita sekarang untuk mengubah template lama kita agar responsive dan mobile friendly agar visitor yang berkunjung ke situs/blog kita tidak kesusahan untuk membaca konten yang ada di blog kita, apalagi sekarang Google sudah menerapkan algoritma MOBILEGEDDON yang meharuskan kita untuk membuat website/blog yang mobile friendly dan tentu saja ini akan berpengaruh besar pada SEO Onpage dan ranking kita di Google search khususnya mobile search. Jadi buat Anda yang masih menggunakan template lama silahkan di-upgrade agar bisa mobile friendly dan agar cepat terindex Google.

Itulah beberapa tips seo tentang Cara Agar Blog Cepat Terindex Mesin Telusur sesuai dengan pengalaman saya, kalau ada kekurangan dan saran lain bisa disampaikan melalui komentar. Terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments

Silakan tambahkan komentar sesuai dengan topik dan komentar dengan link akan dihapus, terima kasih.